.

.

Partisipasi Politik Perempuan Perlu Terus Didorong


Sumber: Humas Parmout

PARTISIPASI Perempuan untuk terjun di Politik perlu terus di dorong. Apalagi ada kewajiban bagi Partai Politik untuk memenuhi kuota 30 persen keterwakilan perempuan dalam daftar calon anggota legislatif tentu patut untuk menjadi perhatian seluruh Partai Politik.  

Hal ini mengemuka pada acara Sosialisasi Peningkatan Partisipasi Politik Perempuan, di aula Kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Parigi Moutong, Senin (11/3).

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3P2KB) Kabupaten Parigi Moutong Kabupaten Parigi Moutong, Yusnaeni SSos mengatakan, kuota 30 persen bagi calon legislatif perempuan merupakan capaian penting dalam perjalanan demokrasi Indonesia pasca reformasi. Aturan tersebut tertuang dalam Undang-Undang Nomor 2 tahun 2008 tentang Partai Politik yang mengutamakan partai politik untuk menyatakan keterwakilan perempuan minimal 30 persen “Angka 30persen tersebut adalah dasar pada hasil penelitian Perserikatan Bangsa Bangsa yang menyatakan bahwa jumlah minimun 30 persen memungkinkan terjadinya suatu perubahan dan membawa dampak kualitas keputusan yang di ambil dalam lembaga politik,” ungkapnya.

Yusnaini menambahkan, banyaknya partai politik di Indonesia menjadi keluasan bagi masyarakat termasuk kaum perempuan yang memilih sesuai dengan idealisme yang dimiliki dan aktif berperan di dalamnya.  

Di partai politik juga terbuka kesempatan luas bagi kaum perempuan untuk mengeksplorasi diri menyambungkan pemikiran yang berhubungan dengan kehidupan politik “Melalui kegiatan ini kami ingin mewujudkan Kabupaten Parigi Moutong yang demokratis dan berkeadilan gender dengan memperkuat posisi dan peran politik perempuan melalui perjuangan pemenuhan hak-hak perempuan khususnya di bidang politik,”tandas mantan Kabag Umum Setda itu.

Sayangnya, kata Yusnaeni, jumlah peserta calon anggota legislatif Kabupaten Parigi Moutong yang hadir di acara sosialisasi itu hanya sekitar 70 orang jumlah 194 orang sesuai data yang ada di KPU.

Sementara itu, Wakil Bupati Parigi Moutong, H Badrun Nggai SE yang membuka langsung kegiatan itu mengimbau kepada kaum perempuan, khususnya calon anggota legislatif untuk memberikan pendidikan politik kepada masyarakat.  

“Saya menghimbau seluruh kaum perempuan turut serta menyuksekan Pemilu 17 April mendatang dengan cara mengajarkan atau mensosialisasikan kepada masyakat tata cara memilih yang baik dan benar,” imbaunya.

Ia menambahkan, melalui peningkatan kapasitas yang baik, kaum perempuan dapat mengambil peran strategis di parlemen “Kuncinya terus belajar dan tingkatkan kapasitas,”pesannya


Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN