Pelatihan Saksi Minimalisir Pelanggaran Pemilu


Reporter: Dedy 

GUNA
Meminimalisir pelanggaran pemilu di setiap tempat pemungutan suara (TPS) pada pelaksanaan pemunggutan suara tanggal 17 April 2019 mendatang, Bawaslu Kota Palu akan memberi pelatihan atau bimbingan teknis (bimtek) ke para saksi partai politik (Parpol), Kamis (14/3/2019).

Ketua Bawaslu Kota Palu, Ivan Yudharta mengatakan, pelatihan bagi saksi parpol ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada para saksi mengenai aturan, mekanisme pemungutan dan penghitungan suara agar tidak keliru dalam menjalankan tugasnya sebagai saksi, mengingat banyaknya saksi Parpol yang ada di TPS nantinya.

“Segera mungkin kami akan melaksanakan pelatihan saksi, semoga tidak ada kendala pelaksanaannya kami laksanakan sekitar tanggal 26 Maret 2019 mendatang,” kata Ivan Yudharta di Palu, Kamis (14/3/2019). 

Menurutnya, agar pelaksanaannya maksimal pelatihan saksi tersebut akan diagendakan di masing-masing kecamatan se Kota Palu, langkah ini di anggap lebih efisien dibanding dikumpul serentak.

“Pelaksanaan secara teknis pelatihannya akan kami laksanakan di delapan kecamatan, nanti panwaslu kecamatan yang akan membagi jadwal pelatihan untuk masing-masing partai,” jelas Ivan.

Sementara itu, Bawaslu masih menunggu data saksi dari setiap parpol, ada beberapa parpol yang sudah memasukan data saksinya. Katanya jika data saksi tersebut sudah di masukan oleh parpol baru pelaksanaan teknis saksi akan di lakukan.                 

“Kita ini hanya menunggu dan tidak ada juga kewajiban bagi mereka.  Kewajiban itu ada di kami untuk melatih. Jadi, kalau mereka tidak memasukkan tidak apa-apa, dan yang hanya memasukkan saja yang kami latih,” tutup ivan.***


Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN