Pemkot Batam Bantu Sekolah Rusak di Donggala


Reporter/Donggala: Syamsir Hasan

PEMERINTAH Kota Batam memberikan bantuan untuk pembangunan kembali sekolah yang rusak akibat bencana 28 September 2018 silam di Kabupaten Donggala.

Bantuan dana sebesar Rp3 miliar tersebut diserahkan oleh Wakil Wali Kota Batam dan berharap dapat digunakan untuk perbaikan dan pembangunan sarana pendidikan yang mengalami kerusakan diterjang gempabumi 7,4 SR.

Bupati Donggala, Kasman Lassa, Kamis (7/3/2019) mengatakan bantuan dari Pemkot Batam diperuntukan bagi pembangunan kembali SMP Negeri 1 Sirenja di Kabupaten Donggala.

“Dengan terjadinya bencana 28 september 2018 lalu,pemerintah Kabupaten Donggala melakukan berbagai pemulihan ekonomi masyarakat dan sekaligus membangun rumah-rumah masyarakat yang rusak akibat bencana, termasuk fasilitas baik dibidang pendidikan dan dibidang kesehatan,karena masyarakat Kabupaten Donggala sebagian masih tinggal dipengunsian,”ujarnya.

Bupati Donggala juga menjelaskan akibat bencana yang lalu, ada 104 desa yang terdampak dari 11 kecamatan dari 16 kecamatan yang ada di Kabupaten Donggala.

Tetapi ada 5 kecamatan yaitu Kecamatan Sirenja, Sindue, Tanantovea, Banawa dan Sindue Tumbusabora. Untuk masyarakat terkena bencana sudah dilakukan pendataan dilapangan dan ada 21.378 jiwa, termasuk rumah rusak berat ,rusak sedang dan rusak ringan. Terang Kasman Lassa.

Sementara Wakil Wali Kota Batam Amsakar Achmad menyampaikan keprihatinannya akan musibah yang telah melanda Palu, Sigi dan Donggala.

“Kami berharap dengan adanya bantuan ini betul-betul dipergunakan dengan sebaik-baiknya dan kami mendoakan mudah-mudahan palu,sigi dan donggala segera pulih dan bangkit,” harap Amsakar Achmad.
Adapun amanah dari Wali Kota Batam terkait dengan bantuan yang diberikan, agar dikosentrasikan pada satu pembangunan fisik yaitu pembangunan sekolah yang ada di Kecamatan Sirenja.

”Dengan adanya bantuan tersebut mudah-mudahan dapat meringankan beban masyarakat dan segera memulihkan kondisi pendidikan di Kabupaten Donggala, karena pendidikan merupakan tongkat estafet kepemimpinan yang berada ditangan anak-anak bangsa”, harap wali kota batam.

Ketua DPRD Kota Batam Nuriyanto ditempat yang sama menyampaikan bahwa kedatangannya ke Kabupaten Donggala bersama rombongan untuk mewakili masyarakat kota batam,dimana sebagai saudara sebangsa dan setanah air apa yang dialami oleh masyarakat Kabupaten Donggala, tentu mereka sebagai saudara juga merasakan dan ikut berduka serta sekaligus mendoakan agar seluruh para pimpinan dan seluruh masyarakat yang ada di Kabupaten Donggala diberikan ketabahan dan kekuatan.

“Mudah-mudahan dengan adanya bencana ini, akan menambah keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT. Dan kepada seluruh masyarakat Kabupaten donggala akan segera bangkit dan tetap semangat menjalankan hidup dan membangun kabupaten ini,” harap Nuriyanto.**





Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN