Sulteng Waspada!


Gerakan Tanah April 2019
Peta prakiraan gerakan tanah April 2019

Reportase: Ikhsan Madjido

POTENSI Gerakan Tanah di Sulawesi Tengah, yang dikeluarkan oleh Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral patut diwaspadai.

Gerakan Tanah adalah pergerakan atau perpindahan material di permukaan bumi dari tempat yang tinggi ke tempat yang rendah karena gaya gravitasi.

Material yang yang bergerak dapat berupa tanah, bongkah batuan atau hancuran batuan. Gerakan material yang menuruni lereng tersebut berkisar dari sangat cepat sampai sangat lambat.

Gerakan tanah dapat melibatkan komponen air, tetapi jumlahnya sangat sedikit. Maksudnya, air yang terlibat tidak menjadi media yang membawa material yang bergerak itu, seperti air pada aliran sungai.

Di Indonesia, gerakan tanah yang paling dikenal adalah “tanah longsor“.

Gerakan tanah adalah salah satu proses yang penting di permukaan bumi. Dengan gerakan tanah, permukaan bumi diukir atau dikupas, dan material dipemukaan bumi berpindah dari tempat yang tinggi ke tempat yang rendah. Lebih jauh lagi, dengan gerakan tanah material di permukaan bumi yang berada di tempat-tempat yang tinggi dapat lebih cepat masuk ke dalam sistem aliran sungai, sehingga dapat ditransportasikan ke laut melalui aliran sungai, untuk akhirnya diendapkan di laut. Gerakan tanah tersebut bisa dipicu hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi.

Berdasarkan peta yang dirilis 26 Maret 2109, pada bulan April mendatang di Sulteng potensi gerakan tanah ada di semua kabupaten. Potensi gerakan tanahnya di kategorikan rendah, menengah dan tinggi.
Untuk Kota Palu potensi gerakan tanah tergolong menengah-tinggi terdapat di kecamatan Mantikulore dan Ulujadi. Di wilayah Sigi, kecamatan Dolo, Dolo Barat, Dolo Selatan, Gumbasa, Lindu, Marawola, Nokilalaki, Palolo dan Tanambulava masuk kategori tinggi.
Tim Ekspedisi Poso menyarankan agar semua waspada dan menyiapkan mitigasi bencana dengan lingkungan sekitarnya.
Mitigasi bencana untuk keluarga, Tim Ekspedisi Poso menyarankan agar menyiapkan Tas Siaga Bencana yang antara lain berisi Surat-surat berharga, Masker, peluit, Uang Cash, Pakaian secukupnya untuk 1 hari,  Botol air minum dan air minum, Makanan yang tahan lama dan Power bank.
POTENSI itu selalu ada tetapi kita tidak bisa PREDIKSI kapan terjadinya, yang bisa kita lakukan hanyalah BERHATI-HATI DAN SIAP itulah arti dari MITIGASI. Mari siaga bencana dengan menyiapkan mitigasi bencana di sekitar kita.**



Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN