.

.

Tradisi Mapadendang di Panen Raya Ogoamas


Reporter/Donggala: Syamsir Hasan
MASYARAKAT Desa Ogoamas I Kecamatan Sojol Utara menggelar tradisi Mapadendang mensyukuri panen padi yang memuaskan produksinya, Sabtu (9/3/2019).

Panen raya tersebut dihadiri Bupati Donggala Kasman Lassa yang juga meresmikan kantor desa Ogoamas I.

Bupati Donggala Kasman Lassa menyampaikan bahwa dalam meningkatkan produksi padi di Kabupaten Donggala, melalui bantuan benih padi dari Kementrian Pertanian pada musim tanam Pangan Departemen Pertanian telah memberikan bantuan benih di Kecamatan Sojol Utara Kabupaten Donggala sebesar 36.500 kg,ungkapnya.

"Dalam upaya mendukung ketahanan pangan Nasional pada tahun 2018 pemerintah pusat juga telah memberikan bantuan melalui transfer barang (Bufer Stok) berupa benih jagung hibrida sejumlah 180 ton (12.000 hektar) dan kedelai 51 ton (1.275 hektar),” tutur Kasman Lassa. 

Bupati Donggala berharap dengan adanya bantuan tersebut dapat meningkatkan  produksi dan produktifitas padi, jagung dan kedelai di kabupaten donggala khususnya di kecamatan sojol utara kabupaten donggala, sehingga sasaran produksi yang telah ditetapkan dapat dicapai sekaligus dapat meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan petani di Kabupaten Donggala.

Kepala Desa Ogoamas I selaku ketua panitia pelaksana panen Raya Ilham Muhammadiyah, S.Pd dalam Laporannya menyampaikan, bahwa syukuran Mapadendang merupakan budaya atau tradisi yang selalu dilaksanakan oleh masyarakat setiap tahunnya pada saat akan memulai panen, sebagai bentuk kesyukuran karena kondisi padi yang memuaskan produksinya. 

"Luas area persawahan Desa Ogoamas I adalah 525 Ha, Dan terdiri atas 21 kelompok tani, luas area tanaman hortikultura 100 Ha terdiri dari  4 kelompok tani dan luas area tanaman perkebunan 300 Ha terdiri dari 2 kelompok tani dan rata - rata satu kelompok 25 - 30 orang,” kata kades.**



Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN