UMSK Morowali Tunggu Keputusan Dewan Pengupahan


Reporter/Morowali: Bambang Sumantri

PENETAPAN Upah Minimum Sektoral Kabupaten (UMSK) Kabupaten Morowali yang hingga saat ini masih menyisakan polemik,  belum juga ada kejelasan.

Perwakilan pengusaha yang berinvestasi di Morowali yakni organisasi Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Kabupaten Morowali masih menunggu keputusan dari Dewan Pengupahan Kabupaten untuk menetapkan UMSK dimaksud.

Ketua Apindo Kabupaten Morowali, Nadjib Djibran mengatakan bahwa keputusan UMSK Morowali saat ini ada ditangan Ketua Dewan Pengupahan Kabupaten dalam hal ini Bupati Morowali. "Masalah di Apindo sudah selesai, untuk kepastian UMSK, kami tinggal tunggu keputusan dari Dewan Pengupahan Kabupaten, dalam hal ini Bupati Morowali, dan apapun hasil yang disepakati Bupati nantinya, berarti itulah keputusan UMSK yang berlaku" ungkapnya.

Sementara, untuk permasalahan tarik ulur surat menyurat antara Pemerintah Pemkab Morowali, pihak pengusaha dan Gubernur Sulteng, Nadjib menegaskan bahwa hal itu tidak akan dilakukan lagi. "Ada salah satu serikat buruh yang tidak setuju dengan keputusan UMSK 2019 ini, maka Gubernur tidak mau menetapkan UMSK Morowali dan mengembalikan kepada Dewan Pengupahan Kabupaten untuk menetapkan UMSK Morowali sendiri" katanya.

Ditambahkan Nadjib, untuk penetapan UMSK yang akan diberlakukan di Morowali itu ada dua pilihan, yakni yang pertama berpatokan pada UMSK 2018 sebesar Rp2.900.000,- atau berpatokan pada UMSK 2019 yang telah disepakati bersama yaitu Rp3.300.000,-. "Selaku ketua Apindo, saya sangat menginginkan UMSK yang diberlakukan adalah 2019 ini, yaitu tiga juta sembilan ratus ribu rupiah, supaya serikat buruh dan para buruh ini merasakan kesejahteraan bersama dengan naiknya nilai UMSK tersebut, akan tetapi keputusan penetapan UMSK itu ada di tangan Dewan Pengupahan apapun hasilnya" ungkapnya.

Adanya indikasi keberatan dari pihak perusahaan yang belum berproduksi jika UMSK yang ditetapkan yaitu UMSK 2019 Rp3.300.000, Nadjib menegaskan sebelum ditetapkan pihak Dewan Pengupahan akan melakukan pertemuan bersama perusahan-perusahan pertambangan yang ada di Kabupaten Morowali.**

Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN