Data Dokumen C1 Kawal Pemilu Bertambah, Prabowo-Sandi Unggul di 12 Kab/Kota di Sulteng

Hasil tabulasi data sementara Pilpres 2019 khusus Provinsi Sulteng di situs Kawal Pemilu. [KawalPemilu / Screenshot]
Reportase: Ikhsan Madjido

Hasil penghitungan sementara dokumen C1 Pilpres 2019 yang dihimpun Kawal Pemilu, hingga Sabtu (20/4/2019), mencatatkan pasangan Prabowo Subianto - Sandiaga Uno unggul di setidaknya 12 daerah tingkat II di Provinsi Sulawesi Tengah. Data tabulasi real count surat suara yang bersumber dari foto form C1 di TPS-TPS itu tayang di situs KawaPemilu.org.

Berdasarkan tabel data sementara hingga pukul 14.30 WITA, total jumlah suara pasangan Prabowo - Sandi tercatat masih lebih unggul daripada Jokowi-Maruf. Dari data yang dikumpulkan oeh relawan Kawal Pemilu itu, suara untuk Jokowi-Maruf tercatat berjumlah 28.796, sedangkan Prabowo-Sandi mengumpulkan 39.937 suara.

Adapun jumlah suara sah yang dicatat dalam tabulasi data --yang masih terus bertambah dan berubah angkanya-- tersebut sejauh ini adalah 67.226, dengan persentase TPS yang didapat datanya baru mencapai 4,53% (dari total jumlah TPS se-Sulteng).

Data Kawal Pemilu itu juga menunjukkan bahwa sejauh ini Prabowo-Sandi unggul di setidaknya 12 kab/kota. Masing-masing adalah di Sigi, Banggai, Poso, Donggala, Tolitoli, Buol, Morowali, Bangkep, serta Touna. Mereka juga unggul di Kota Palu, Banggai Laut dan Morowali Utara.

Sementara sebaliknya, pasangan Jokowi-Maruf sejauh ini tercatat hanya unggul di Kabupaten Parigi Moutong.

Sebagaimana diketahui, Kawal Pemilu merupakan inisiatif penghitungan hasil pemilu berbasis crowdsource yang mulai aktif sejak Pemilu 2014 lalu. Cara kerjanya adalah dengan menampilkan data pembanding terhadap hasil penghitungan KPU, dengan menggunakan sumber dokumen resmi yakni form C1 Plano.

Form atau dokumen C1 sendiri adalah lembar hasil penghitungan suara yang telah ditandatangani KPPS dan ditempel di setiap TPS. Form tersebut difoto oleh para relawan yang saat ini disebutkan berjumlah ribuan, dan diunggah ke web Kawal Pemilu sembari dicek keaslian dan dihitung jumlahnya.

Prabowo Unggul di 22 Provinsi
Kawalpemilu juga menunjukkan Prabowo – Sandi unggul di 22 provinsi, seperti di Aceh, Sumut, Sumbar, Riau, Jambi, Sumsel, Bengkulu, Lampung, Kep. Riau, Jabar, Banten, serta NTB. Juga ada Kalsel, Kalbar, Kalteng, Kaltim, Sulteng, Sulsel, Sultra, Gorontalo, Maluku, dan Maluku Utara.

Sebaliknya, pasangan Jokowi-Maruf sejauh ini tercatat unggul di 12 provinsi, antara lain mulai dari Bangka Belitung, DKI Jakarta, Jateng, DI Yogyakarta, hingga Jatim. Mereka juga unggul di Bali, NTT, Sulut, Sulbar, Kalimantan Utara, Papua dan Papua Barat.

Total jumlah suara pasangan Joko Widodo - Maruf Amin tercatat unggul tipis daripada Prabowo - Sandi. Dari data yang dikumpulkan oeh relawan Kawal Pemilu itu, suara untuk Jokowi-Maruf tercatat berjumlah 6.029.531, sedangkan Prabowo-Sandi mengumpulkan 6.009.695 suara.


Adapun jumlah suara sah yang dicatat dalam tabulasi data yang masih terus bertambah dan berubah angkanya-- tersebut sejauh ini adalah 12.038.746.***
Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN