Gempa Bangkep Tak Pengaruhi Proses Pemilu


Reporter: Dedi Rahmat

GEMPA Berkekuatan 6,9 SR yang berpusat di Banggai Kepulauan sempat membuat petugas KPU khususnya di kabupaten Baggai, Morowali, Ampana bahkan di Kota Palu panik.

“Info yang kami terima awalnya memang petugas dan masyarakat panik, tapi sekarang kondisinya pelan-pelan sudah membaik dan kebanyakan masyarakat sudah kembali kerumahnya masing-masing. Saat ini petugas KPPS sudah membagi surat pemberitahuan C6-KPU kepada masyarakat yang terdaftar dalam DPT,” ujar Ketua KPU Sulawesi Tengah Tanwir Lamaming, Minggu (14/4/2019).

Pasca kejadian tersebut pihaknya langsung menginstruksikan kepada pihak KPU kabupaten/kota agar langsung memerintahkan panitia adhock baik PPK, PPS dan KPPS untuk segera berperan aktif untuk melakukan pendistribusian C6-KPU dan persiapan perlengkapan di TPS mengingat waktu pemilihan sudah sangat dekat.
“Kami memahami bahwa bencana memang menimbulkan trauma, tetapi pelaksanaan pemilu di tanggal 17 April 2019 adalah keharusan warga negara untuk menentukan pilihannya dalam 5 tahun sekali,” jelasTanwir.

Dirinya menghimbau agar masyarakat menggunakan hak pilih untuk menentukan arah kepemimpinan Negara dalam 5 tahun kedepan, olehnya untuk membangkitkan Sulteng serta menguatkan kita semua masyarakat harus memilih pada 17 April 2019 mendatang.

Sementara, Bawaslu juga menghimbau agar dalam masa tenang tanggal 14 - 16 April di harapkan masyarakat juga turut mengawasi pemilu dan melaporkan hal-hal yang melanggar dalam prosesi pemilu tersebut. Sebab dalam minggu tenang seperti ini rawan dimanfaatkan Caleg maupun Capres melakukan politik yang tidak baik.

Ketua Bawaslu Kota Palu, Ivan mengatakan mulai dari jam 12 malam tanggal 14 April sejumlah petugas serentak menurunkan semua atribut kampanye, olehnya bagi masyarakat yang masih melihat sejumlah atribut kampanye yang terlewatkan oleh petugas agar segera dilaporkan untuk di turunkan APKnya tersebut.

“Mulai tanggal 14-16 April itu minggu tenang, semua atribut kampanye harus dicabut, itu sudah prosedur dan menjadi bagian tugas kami. Saya kira sesuai tahapannya seluruh kabupaten dan kota se-Sulteng melakukan hal yang sama untuk menjaga Pemilu damai di 17 April,” tandas Ivan.***

Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN