Jelang Ramadhan, Harga Bahan Pokok Melambung


Reporter: Dedi Rahmat

MENJELANG Datangnya Ramadhan 1440 Hijriah harga-harga sayur mayur dan kebutuhan rumah tangga mulai mengalami kenaikan di Kota Palu.

"Memang benar sudah ada kenaikan harga sayur mayur dan kebutuhan rumah tangga sekarang ini," kata salah seorang pedagang Pasar Masomba Aini, di Palu, Senin (15/4/2019).

Aini mengatakan kenaikan harga sayur mayur dan kebutuhan rumah tangga ini sangat tinggi jika dibandingkan dengan harga dua pekan sebelumnya. Ia merinci seperti cabe merah yang mengalami kenaikan selisih Rp10 ribu.

"Sekarang ini harga cabe perkilonya Rp60 ribu, dari harga sebelumnya itu hanya Rp50 ribu perkilogramnya. Selain itu, harga tomat juga naik dari harga Rp4.000 perkilo menjadi Rp7.000 perkilogramnya," ungkapnya.

Dirinya mengatakan jelang Ramadhan dan cuaca saat ini kurang baik menyebabkan kenaikan harga rempah tersebut melambung tinggi, ditambah lagi banyak petani yang gagal panen dengan cuaca ekstrim seperti ini

"Stok cabe akhir-akhir ini agak mengurang, mungkin karena cuaca yang kurang baik" sebut dia.

Bawang merah naik dari Rp38.000 menjadi Rp40.000 per kg. Sedangkan, harga bawang putih perkilonya saat ini Rp45.000 dari harga sebelumnya Rp.32.000 per kg.

"Soalnya harga perkarungnya untuk bawang merah sekarang ini dari pemasok  kita ambil Rp.1.120.000 perkarung isinya 40 kilogram dan itu masih kotor, dari harga sebelumnya paling tinggi itu dikisaran Rp.700 ribu perkarung," jelasnya.

Lanjutnya, untuk Bawang putih sekarang perkarungnya Rp700 ribu, dari harga sebelumnya berkisar Rp390 ribu, isinya itu 20 kilogram. 

"Kami hanya ambil melalui pemasok juga, dan rata-rata bawang yang masuk kepemasok itu bawang asal Kabupaten Endrekang Provinsi Sulawesi Tengah. Mudah-mudahan dekat puasa ini harganya tidak tambah melonjak dari harga sekarang ini," harapnya.***


Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN