Tabligh Akbar Satgas Nusantara Polres Touna



Reporter/Touna: yahya lahamu
KEPOLISIAN Resor (Polres) Tojo Una-Una (Touna) terus berupaya semaksimal mungkin untuk mensukseskan Pilpres dan Pileg 2019 dengan memberikan himbauan kepada masyarakat untuk menjaga Kamtibmas dengan mecegah berita Hoax dan ujaran kebencian, diantaranya melalui Satgas Nusantara. Himbauan itu disampaikan oleh Satgas Nusantara Polres Touna dalam kegiatan Tabligh Akbar yang dilaksanakan dilapangan Basket, Kelurahan Uentanaga Bawah, Kecamatan Ratolindo, Sabtu (6/4/2019) malam.

Kegiatan tabliqh akbar yang mengambil tema "Satukan Persaudaraan, Perangi Hoax dan Ujaran Kebencian Guna Menuju Pemilu  2019 Yang Aman,Damai dan Sejuk di Kabupaten Touna itu dihadiri oleh Kapolres Touna AKBP Boyke Karel Wattimena, SIK, MH selaku Ketua Panitia, Wakil Bupati Touna Admin AS. Lasimpala, SIP, Wakil Ketua DPRD Touna Samsul H. Yunus, Kejari Touna Samsul Kasim, SH, MH, Pabung 1307/Poso di Ampana Mayor Inf. David Lunta, Mantan Bupati Touna Drs. H. Damsik Ladjalani, Wakapolres Touna Kompol Muh. Jufri, SH, Ketua Bhayangkari Touna, Ketua MUI Kota Palu Prof Zainal Abidin M.Ag.I selaku penceramah, mewakili Kamenag Touna, Ketua MUI Kabupaten Touna, Para Asisten dan Staf Ahli, Pimpinan OPD Lingkup Pemda Touna, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda dan Tokoh Perempuan.

Kapolres Touna AKBP Boyke Karel Wattimena dalam sambutannya menyampaikan, bahwa pelaksanaan tabligh akbar ini merupakan kegiatan untuk memupuk rohani kita dan jiwa kita agar tetap sejuk dan dingin dalam beraktivitas sehari-hari sehingga berdampak pada suksesnya Pemilu tahun 2019 secara aman, damai dan sejuk di Kabupaten Touna.

"Selaku Kapolres Touna dan penanggungjawab Keamanan serta ketertiban masyarakat di Kabupaten Touna, saya mengucapkan ucapan terimakasih dan penghaaargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Touna yang sampai saat ini tetap menjaga dan memelihara keamanan serta ketertiban yang mana dapat kita rasakan sampai saat ini," ucap AKBP Boyke. 

Lanjut kata AKBP Boyke, walaupun di daerah kita ini terdiri dari berbagai suku, agama, ras dan golongan namun masyarakat Kabupaten Touna dapat hidup berdampingan saling menghormati satu dengan yang lain. 

"Olehnya, besar harapan saya agar situasi Kamtibmas yang sudah kondusif ini tetap terpelihara khususnya menjelang Pemilu yang tinggal beberapa hari lagi akan kita laksanakan," pinta Kapolres.

Pada kesempatan itu Kapolres juga berharap bahwa dalam pelaksanaan pesta demokrasi Pileg dan Pilpres pada Pemilu 2019 ini dapat berjalan dengan aman,  damai, sejuk dan kondusif. Kita sadari bersama bahwa dalam Pemilu ini, pasti ada perbedaan-perbedaan pilihan politik, namun saya yakin dan percaya masyarakat di Kabupaten Touna lebih dewasa dan lebih bijak dalam menyikapi.

"Perbedaan pendapat adalah hikma jika ada perbedaan jangan di besar-besarkan cukup kita saling toletansi, karena setiap agama mengajarkan kita untuk saling menghargai dan menghormati, maka pada saat sekarang ini walaupun kita berbeda pilihan tapi marilah kita bersama-sama untuk menjaga dan menghargai perbedaan itu. Pancasila harga mati dan tidak bisa dirubah karena sudah sejalan dengan kemajukan penduduk Indonesia dari sabang sampai merauke, walaupun berbeda-beda tetapi tetap satu yaitu Bhineka Tunggal Ika," ujarnya.

Kapolres juga mengingatkan, terkait banyaknya akhir-akhir ini di media sosial dan media elektronik lainnya banyaknya berita Hoax atau berita kebohongan yang sangat berbahaya dan mengancam persatuan dan kesatuan kita.

"Oleh sebab itu pada kesempatan ini saya mengajak masyarakat Kabupaten Touna, marilah kita bersama-sama merapatkan persaudaraan kita, untuk memerangi hoax dan tidak perlu mempercayai Hoax yang beredar, marilah kita sharing sebelum kita shere berita-berita tersebut, sehingga tidak menimbulkan konflik di masyarakat.

Dia juga berharap kepada pimpinan parpol para caleg dan pendukung agar bisa mengakomodir para pendukung dan simpatisannya dengan tidak melakukan hal yang dapat atau mengarah pada tindakan melanggar hukum. Kami aparat keamanan akan mengambil tindakan yang tegas terhadap pelaku tidak pidana dalam pelaksanaan Pemilu tahun 2019. 

"Selaku aparat negara yang bertugas di Kabupaten Touna Polri dan TNI, kami menjamin keamanan masyarakat Kabupaten Touna yang akan menggunakan hak pilihnya pada tanggal 17 April 2019 nanti," ujar orang nomor satu di Polres Touna itu.

Sementara itu Wakil Bupati Touna Admin AS. Lasimpala dalam sambutannya menyampaikan bahwa atas nama pemerintah daerah dan seluruh masyarakat Kabupaten Touna memberikan apresiasi kepada Polres Touna yang telah menggagas, telah merencanakan dan telah melaksanakan kegiatan tabligh akbar ini dengan satu tujuan agar kehidupan bernegara, berbangsa ini bisa menjadi sejuk dalam suasana apapun.

"Kita semua tau tinggal dalam menghitung hari seluruh rakyat Indonesia yang berhak akan menyampaikan hak politiknya, akan mengambil keputusan politiknya pada Pemilu Pilpres dan Pileg baik Pileg tingkat pusat, Provinsi maupun Kabupaten/Kota. Semua kita tau bahwa itu adalah hak kita, tentu kalau itu adalah hak kitalah yang berhak menggunakannya, bukan siapa-siapa dengan cara apapun yang mencoba mempengaruhi hak kita, maka kita juga yang akan menggunakan hak kita," jelas Wabup.**

Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN