Tim SAR Evakuasi Penumpang Kapal Kandas di Balut


Sumber: antaranews.com

TIM SAR Gabungan mengevakuasi penumpang KM Theodora 02 yang kandas di perairan Kabupaten Baggai Laut, Sulawesi Tengah.

"Dari 59 penumpang sudah termasuk anak buah kapal dan kondisi mereka semuanya dalam keadaan sehat, " kata Kepala Kantor SAR Pencarian dan Pertolongan Palu Basrano, di Palu, Rabu.

Dilaporkan, kapal Theodora 02 yang dinahkodai Laode Apu berlayar dari Pelabuhan Banggai laut, Rabu (3/4) pukul 06.05 WITA tujuan Bau-Bau, Sulawesi Tenggara.

Namun di tengah perjalanan, katanya, kapal memuat 50 orang penumpang dan sembilan anak buah kapal mendapat masalah teknis pada koordinat 02*00'20"S 123* 23' 40" E 190 kilometer arah Selatan Banggai Laut.

Mendapat laporan itu, Basrano mengerahkan timnya sebanyak empat orang yang berada di Pos SAR setempat dibantu potensi SAR lainnya dari TNI-AL empat orang, TNI-AD tiga orang dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat satu orang termasuk keluarga korban menuju lokasi kapal kandas tersebut menggunakan KM Permata Vauzia.

Dari pemberangkatan itu, Tim SAR gabungan tiba di lokasi kejadian pukul 9.51 WITA dan selanjutnya melakukan evakuasi terhadap penumpang KM Theodora 02 menuju pelabuhan Banggai Laut.

"Sebagian juga penumpang menolak di evakuasi dengan alasan mereka tidak mau meninggalkan barang berharga yang mereka bawah, tapi kami tetap upayakan mengevakuasi mereka ke daratan," tambahnya.

Sementara, sejumlah anak buah kapal Theodora masih berupaya mengevakuasi bangkai kapal tersebut menuju pelabuhan Banggai laut.

Dia memaparkan, saat berlayar kondisi cuaca di perairan itu cukup cerah, namun tetap terpantau saat evakuasi dilakukan oleh tim SAR gabungan.

"Para penumpang KM Theodora 02 terpaksa dievakuasi ke darat guna menjami keselamatan dan kemanan mereka dan pelayaran ke daerah tujuan untuk sementara ditunda sambil menunggu kebijakan otoritas pelabuhan setempat," tutur Basrano.

Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN