Ciptakan Suasana Ramadhan Damai


Reporter: Yohanes Clemens

Salah satu tokoh Masyarakat Kota Palu Kelurahan Panau, Kecamatan Taweli Kota Palu, Sulawesi Tengah, mengajak masyarakat untuk menciptakan suasana Ramadhan dengan penuh kedamaian.

Dirinya mengajak untuk menciptakan suasana ramadhan ini dengan kedamaian, saling toleransi, antar umat beragama, menghormati yang sedang melaksanakan ibadah puasa.

Bukan hanya itu, ia juga menyinggung soal Pilpres 2019 yang saat ini masih diproses  di MK. Dia mengatakan, hendaknya semua pihak menghormati pilihan rakyat dan menerima hasil-hasil pemilu yang secara resmi akan diumumkan oleh KPU dengan jiwa besar, ksatria, lapang hati, dan bijaksana.

"Terkait hasil, apabila dikemudian hari terdapat peserta pemilu yang tidak menerima keputusan yang telah ditetapkan oleh KPU, maka hendaknya para peserta untuk bisa menempuh jalur hukum sesuai prosedur dan aturan berlaku yang dijamin konstitusi," jelasnya.

Hal itu tak lain untuk menciptakan kesepakatan bersama sebagaimana yang telah menjadi karakter bangsa Indonesia yang religius, berbudaya luhur, dan menerima dengan lapang dada.

"Maka saya mengajak kepada semua pihak untuk bisa menahan diri serta cooling down guna menjaga ketenangan, dan bisa bersabar menunggu hasil pengumuman penghitungan resmi oleh KPU dan putusan MK nanti," harapnya.

Hal lain juga dikatakan, Ujang Wijaya, salah satu tokoh Pemuda Besusu Timur Kota Palu yang mendukung tindakan tegas TNI Polri yang sudah menangani perusuh/unjuk rasa di Jakarta.

Ujang, mengatakan, aksi unjuk rasa di Jakarta pada tanggal 21 dan 22 Mei 2019 tentang Pengumuman Hasil Pemilu oleh KPU RI yang berbuntut kerusuhan beberapa tempat di Jakarta, sangat disesalkan oleh Tokoh pemuda Besusu Timur Kota Palu Sulteng.

Pengamanan penetapan pleno KPU RI yang dilakukan oleh TNI-POLRI sudah sangat professional dan sesuai SOP yang ada. Hal ini dibuktikan dengan mengahadapi peserta unjuk rasa secara humanis dan menindak tegas kepada pelaku kerusuhan yang ada di Jakarta pada 21 – 22 Mei 2019 lalu.

“Saya sangat mengapresiasi terhadap kinerja TNI-POLRI yang telah melaksanakan pengamanan penetapan Pleno KPU RI secara Profesional, dalam Mengamankan Aksi Unjuk Rasa masyarakat yang kurang puas dengan hasil Pemilu serta saya sangat setuju tindakan yang dilakukan oleh TNI-POLRI dalam menindak tegas para perusuh di Jakarta,” kata Ujang Wijaya.

Sehingga, lanjut Dia, karena tindakan tegas dan sudah terukur yang dilakukan oleh TNI-Polri. Maka demi kepentingan masyarakat luas dan keselamatan masyarakat itu sendiri dan lainnya yang menginginkan Negara kita Aman dan Damai.

"Saya mengajak masyarakat Kota Palu, untuk tidak mudah terpancing isu- isu yang tidak benar atau berita bohong ( hoax). Kita harus tetap menjaga persatuan dan kesatuan Bangsa, yang saat ini masih dalam suasana bulan suci Ramadhan, bulan yang penuh Rahmat dan Hidayah.

“Sebagai warga negara Indonesia kita jangan mau dipecah belah atau di adu domba. Mari kita dukung, Siapa pun pemenang Pemilu yang telah ditetapkan oleh KPU itulah Pilihan Rakyat dan kita wajib mendukungnya sebagai pemimpin kita agar Indonesia semakin menjadi Negara yang Maju,” tuturnya.

Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN