Damkar Palu Terima Bantuan Mobil

Kepala Dinas Kebakaran Kota Palu, Sudaryano Lamangkona

Reporter: Firmansyah Lawawi

PEMADAM Kebakaran (Damkar) kota Palu akan menerima bantuan 2 unit pemadam dari Korea. Hal itu diungkapkan kepala Dinas kebakaran Palu, Sudaryano Lamangkona, Selasa (21/5/2019) di kantor Walikota.

"Damkar kota Palu akan menerima bantuan dua unit mobil pemadam kebakaran dari Negara Korea. Bantuan tersebut berasal dari Dinas terkait di Negara itu," akunya.

Namun menurut Sudaryano, biaya pengiriman dua unit mobil tersebut, ditalangi oleh pihak Damkar Palu. Termasuk biaya pelatihan bagi tim yang akan datang langsung dari Korea dalam memberikan training kepada mereka.

"Dari kabar terakhir yang kami terima, kelihatannya akan terjadi pergeseran bantuan. Dalam hal ini, dari dua unit yang akan diberikan oleh Korea, salah satu unit mobil Damkar akan diberikan oleh pihak Japan Fire Asociation (JFA)," paparnya.

Dari mata anggaran Dinas pemadam kebakaran kota Palu sendiri kata Sudaryano, masih tersisa Rp200 juta. Namun menurutnya, dana tersebut belum bisa dialokasisakan untuk operasional pihaknya, karena masih menunggu kepastian antara Korea dan JFA. "Hingga saat ini, kami juga masih menunggu tanggapan dari Kementerian terkait hal tersebut, " jelasnya.

Ditambahkanya, jumlah total armada Dinas pemadam kebakaran kota Palu yang masih beroperasi, sebanyak 7 unit.

Menjawab pertanyaan terkait kantor Damkar yang mengalami kerusakan parah akibat gempa bumi 28 September silam, secara teknis,  Sudaryano mengaku menyerahkan pembangunanya kepada intansi terkait.

"Terkait hal tersebut, kami serahkan sepenuhnya kepada intansi terkait, tentang tehnisnya, guna melakukan peninjauan struktur tanahnya, sehingga diketahui secara pasti apakah masih bisa dibangun kembali di tempat itu. Secara pasti, kantor Damkar yang mengalami kerusakan yang cukup parah, harus dibangun kembali, " cetusnya.**

Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN