Dr Sagaf: Tingkatkan Prestasi Mahasiswa


Reporter: Yohanes Clemens

WAKIL Rektor Bidang Kemahasiswaan Universitas Tadulako (Untad), Dr Ir Sagaf, M Si, mengungkapkan secara nasional salah satu standar penilaian Perguruan Tinggi (PT) yaitu dari capaian akademik dan prestasi mahasiswa. Olehnya, Untad kedepannya akan berupaya meningkatkan prestasi mahasiswa, dengan mendorong pelaksanaan kegiatan-kegiatan kemahasiswaan.

Dr Sagaf, mengatakan Untad dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya punya standar yang harus dipenuhi. Hal itu mengacu pada tri dharma Perguruan Tinggi, pendidikan, penelitian dan pengabdian. Kegiatan kemahasiswaan masuk dalam realisasi tri dharma perguruan tinggi tersebut.

“Maka dari  itu, ini tantangan buat saya kedepannya, sudah seberapa besar prestasi mahasiswa, baik secara performa sebagai mutu luaran Untad, maupun  sebagai gema secara nasional. Sampai saat ini saya melihat, masih ada yang belum matching,  walaupun sudah ada peningkatan, problem ini merupakan problem secara ekternal dan internal yang harus dibenahi kedepannya,” ujar Wakil Rektor Kemahasiswaan yang baru saja dilantik itu, saat ditemui diruang kerjanya, Senin (06/05/2019).

Olehnya, kata Dr Sagaf, langkah awal yang mungkin akan dilakukan untuk meningkatkan prestasi akademik mahasiswa dimulai dari perbaikan secara internal, dengan cara melakukan perbaikan pada mekanisme bidang kemahasiswaan, alur kegiatan, serta meningkatkan kegiatan kemahasiswaan.

“Tentunya pendekatan awal yang akan dilakukan yaitu melakukan pendekatan terhadap prestasi dan minat bakat mahasiswa, untuk menjadi acuan bidang kegiatan mahasiswa seperti apa yang perlu didorong kedepannya. Pendeteksian awal terhadap prestasi, minat dan bakat mahasiswa, serta sistem seleksi dan pembinaan, terakhir sarana prasana yang akan dipriortaskan kedepannya."
"Antara prestasi akademik dan prestasi diluar akademik mahasiswa harus seimbang. Sebab, jika menonjol prestasi dibidang kegiatan kemahasiswaan, tetapi tidak menonjol diprestasi akademik, hal itu sama saja dengan bohong. Sebab, penilaian parallel, yaitu berpacu untuk berprestasi dibidang akademik dan berpacu untuk berprestasi dibidang kegiatan kemahasiswaan," cetusnya. ***


Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN