Harga Daging Ayam di Palu Melonjak


Sumber: antaranews.com

Harga daging ayam di pasar tradisional Masomba Palu, Sulawesi Tengah, mengalami kenaikan tajam dari hari-hari sebelumnya menjelang bulan suci ramadhan 2019.

Pantauan di kawasan itu, Minggu, daging ayam potong yang sebelumnhya dijual pedagang Rp50.000/ekor, kini sehari menjelang puasa naik menjadi Rp60.000/ekor. Sementara harga daging sapi segar tetap bertahan pada kisaran Rp110.000/kg.

Menurut para pedagang, kenaikan itu terjadi karena stok kurang dan permintaan meningkat.  Selain itu, harga di tingkat peternak juga naik menjelang ramadhan.

"Kami terpaksa ikut menyesuaikan harga dengan menaikannya," kata Ny Sri, seorang pedagang ayam di kawasan tersebut.

Ia mengatakan ayam yang dijualnya didatangkan dari luar daerah. Semua ayam potong yang dijual di pasar-pasar di Kota Palu didatangkan dari Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat melalui jalur darat.

Dia mengaku stok ayam potong di Palu sejak pasca gempa bumi dan tsunami yang terjadi pada 28 September 2018 hingga kini sangat kurang sehingga harus dipasok dari luar. Masalahnya, rata-rata kandang ternak ayam di Kota Palu dan Kabupaten Sigi rusak akibat bencana alam gempa bumi dan tsunami serta likuifaksi.

Sampai sekarang ini, para pengusaha ternak ayam di dua wilayah di Sulteng itu belum juga memperbaiki atau membangun kembali kandang-kadang ternak ayam yang hancur akibat bencana alam.

Selain daging ayam, harga telur ayam juga mengalami kenaikan cukup signifikan. Yang biasanya hanya dijual Rp38.000/rak, kini naik menjadi Rp45.000/rak. Kenaikan juga disebabkan stok kurang dan permintaan meningkat.

Namun demikian, kata para pedagang, meski stok kurang, tetap masih cukup untuk memenuhi kebutuhan ramadhan dan lebaran.**

Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN