Hujan Saat Mudik, BMKG: Waspada


Reporter: Yohanes Clemens

BADAN Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), menghimbau kepada masyarakat Sulawesi Tengah (Sulteng) yang hendak mudik pada saat lebaran untum waspada terhadap curah hujan sedang hingga lebat.

Dari data BMKG Sulteng, pada saat Lebaran akan ada hujan ringgan bahkan hingga lebat. Yang akan berpotensi hujan adalah Daerah Morawali Utara (Morut), Banggai, Parigi Moutong, Donggala serta Toli-Toli.

"Di lebaran itu masih berpotensi hujan, dengan intensitas sedang bahkan tinggi. Bahkan, ada diberapa wilayah yang ada angin kencang dan petir. Seperti, Banggai, Morowali Utara, dan beberapa tempat lainya," kata Eka Trimas Widyatmoko, Senin (13/5/2019).

Untuk itu, lanjut Eka, ini juga bisa berubah-ubah, namun nanti pada saat H-7 atau H-5 kita akan membuka posko informasi. Dan juga akan kita sampaikan kepada pihak Perhubungan, Bandara, Pelabuhan, untuk informasi hujan pada saat hari raya.

"Kita tidak bisa juga memastikan itu, inikan bisa berubah-ubah cuaca ini, tapi sekali lagi saya katakan, pada kisaran dekat lebaran nanti, kita akan memberikan kembali informasi kepada masyarakat," terangnya.

Olehnya, kata dia, kami mengimbauan kepada masyarakat, akan ada hujan lebat, dibeberapa daerah, sehingga berharap diperhatikan info cuaca dari BMKG. Maka ketika ada hujan pada malam hari harap dibatalkan, perjalananya, lanjutkan keesokan harinya.

"Bagi yang melintas di Kebun Kopi, hati-hati ketika terjadi hujan, karena bahayanya tanah longsor," cetusnya.**


Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN