Pemegang Amanah Rakyat



Reportase: Andono Wibisono

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) Parigi Moutong sudah menyelesaikan rapat pleno perhitungan suara Pemilu 2019 untuk DPRD Provinsi Sulawesi Tengah.

Selanjutnya hasilnya akan diserahkan ke KPU Sulteng untuk bahan pleno tingkat provinsi. Di sana nantinya KPU kabupaten/kota se-Sulteng akan paparkan hasil plenonya masing-masing.

Tujuh partai merajai kursi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi di Dapil Sulteng 2. Partai-partai inipun mengirimkan para wakilnya yang didominasi oleh petahana.

Pada Pemilu 2019 ini, Dapil Sulteng 2 yang mencakup wilayah Kabupaten Parmout ini memberikan kuota sebanyak 7 kursi. Dipastikan 5 kursi akan kembali diduduki oleh wajah-wajah lama lantaran mereka kembali berhasil meraup perolehan suara tinggi.

Tujuh partai tersebut yakni PKB, Gerindra, Perindo, Golkar, Nasdem, Demokrat dan PDIP. Partai dengan suara tertinggi disabet oleh Gerindra dengan perolehan sebanyak 40.754 suara. Kemudian disusul oleh NasDem dan PDIP yang masing-masing meraup 34.166 dan 27.659 suara.

Sementara Golkar mendapat 18.452 suara. Nasdem mendapat 164.242 suara. PKB mendapat 18.395 suara, serta Demokrat 15.876. Pendatang baru Perindo meraup 15.692.

Berikut nama-nama Caleg DPRD Provinsi Sulteng Dapil Sulteng 2 beserta perolehan suaranya (lihat tabel).

Sekadar diketahui, Hj Zalzumida A Djanggola, Ibrahim A Hafid, I Nyoman Slamet, Erwin Burase, dan H Moh Nur Dg Rahmatu merupakan para petahana yang sebelumnya juga duduki kursi DPRD Provinsi Sulteng periode 2014-2019. Erwin Burase sempat di PAW mencalonkan diri Pilbup Parmout.

Sedangkan dua wajah baru yaitu Rahmawati M Nur dan Muslih.

Catatan ini didasarkan pada penelusuran data Rekapitulasi suara Dapil Sulteng 2 untuk DPRD Provinsi Sulawesi Tengah. Hasil perolehan kursi bersifat sementara, menggunakan metode Sainte League.***
Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN