Pemkab Touna Nilai Lomba Desa di Tojo

@Asisten III saat Menghadiri dan Membuka Lomba Desa Tingkat Kabupaten di Kecamatan Tojo (foto:yl)

Reporter/Touna: yahya lahamu

ASISTEN III Sekertariat Daerah (Setda) Kabupaten Tojo Una-Una (TOUNA) Bidang Administrasi Umum Drs. Hambia Soetedjo mewakili Bupati Touna Mohammad Lahay, SE, MM memimpin pelaksanaan lomba Desa/Kelurahan tingkat Kabupaten, Jumat (3/5/2019) di Desa Tongku, Kecamatan Tojo.

Desa Tongku merupakan Desa yang terakhir dalam rangka penilaian lomba Desa/Kelurahan Tingkat Kabupaten Touna yang dilaksanakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Touna.

Drs. Hambia saat membacakan sambutan tertulis Bupati menyampaikan, bahwa atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Touna berterima kasih dan memberikan penghargaan yang setinggi-tinginya kepada semua pihak yang telah berpartisipasi pada pelaksanaan Lomba Desa ini.

"Pemerintah Desa sebagai elemen dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara, dimana desa memiliki hak asal usul dan hak tradisional dalam mengatur dan mengurus kepentingan masyarakat, berperan mewujudkan cita-cita kemerdekaan berdasarkan Undang-Undang Dasar 1945," kata Hambia.

Hal ini,  menurutnya, perlu dilindungi dan diberdayakan sehingga nantinya desa menjadi kuat, maju, mandiri, dan demokratis, serta menjadikan desa sebagai landasan yang kokoh dalam melaksanakan pemerintahan, pembangunan menuju masyarakat yang adil, makmur dan sejahterah.

"Perlombaan Desa tahun ini, kita dituntut untuk dapat menyesuaikan segala Program Kerja dengan kebijakan regulasi yang baru, yaitu Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 81 Tahun 2015 tentang Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan," ujarnya.

Semua ini, kata dia, memiliki tujuan penting dalam rangka mendukung terlaksananya Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, sebagaimana dinyatakan bahwa Pemerintah Provinsi, Kabupaten dapat melakukan intervensi Program berskala lokal Desa berdasarkan hasil evaluasi tingkat perkembangan pemerintah Desa sesuai dengan ketentuan peraturan Perundang-undangan. 

"Evaluasi/Penilaian perkembangan desa mengandung arti penting untuk mewujudkan efektivitas penyelenggaraan Pemerintah Desa, mempercepat peningkatan kesejahteraan masyarakat desa, mempercepat kualitas pelayanan publik, meningkatkan daya saing desa dalam upaya mempertahankan eksistensi Negara Kesatuan Republik Indonesia," jelasnya.

Hambia mengatakan, menyadari arti penting perlombaan desa ini dalam mendukung pembangunan Kabupaten Touna yang kita cita-citakan sehingga menjadikan desa sebagai tumpuan dalam menciptakan bentuk pembangunan partisipatif.

"Olehnya, pada kesempatan kami mengharapkan agar setiap desa yang mewakili kecamatan dapat terus berbenah dan mempertahankan keadaan Desanya bukan hanya di lakukan pada momentum lomba desa seperti ini. Namun terus ditingkatkan sehingga dapat menjadi percontohan bagi desa-desa lainya, begitu juga pada Tim Penilai kiranya dapat bekerja secara profesional dan obyektif dalam memberikan penilaian yang dapat di pertanggung jawabkan," tutupnya.**


Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN