Segera Daftar Mudik Gratis


Reporter: Yohanes Clemens

PENDAFTARAN Mudik gratis telah dibuka mulai hari Senin, 13 Mei 2019. Hal itu dikatakan Kepala Bidang Angkutan Jalan, Keselamatan dan Perkeretaapian Dinas Perhibungan (Dishub) Sulteng Sumarno.

Untuk pendaftaran masyarakat bisa datang ke Kantor Dinas Perhubungan Sulteng Jalan Kartini Palu mulai pukul 09.00 WITA.

"Masyarakat segera mendaftarkan diri mengingat kuota mudik gratis yang terbatas. Seperti diberitakan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tengah melalui Dinas Perhubungan kembali membuka program mudik gratis. Mudik gratis kali ini dalam momentum Lebaran Hari Raya Idul Fitri 1440 H/2019. Pendaftaran mudik gratis akan ditutup pada 28 Mei mendatang," ujarnya.

Diketahui, mudik gratis tahun ini yang untuk ke enam kali dalam momentum hari besar keagamaan. Dengan kerjasama pihak perbankan dan swasta, kita menyiapkan sekitar 52 bus untuk delapan tujuan dari Kota Palu.

Olehnya, untuk tujuan mudik gratis yaitu Palu-Buol, Palu-Tolitoli, Palu-Luwuk, Palu-Poso, Palu-Ampana, Palu-Tentena, Palu-Morut, dan Palu-Morowali. Untuk pemberangkatan rencananya dilakukan di depan Kantor Gubernur Sulteng Jalan Sam Ratulangi Palu pada 29 Mei.

"Kami menyiapkan 52 bus, diperkirakan akan memberangkatkan 400 sampai 500 orang pemudik. Adapun untuk prioritas pemudik gratis sama seperti tahun-tahun sebelumnya yakni pelajar dan mahasiswa. Selain itu, juga kepada masyarakat dengan status ekonomi lemah di daerah ini," terangnya.

Maka, untuk masyarakat yang berminat ingin mengikuti mudik gratis bisa mendaftarkan diri di Kantor Dishub Sulteng jalan Kartini Palu kata Sumarno. Bagi mahasiswa dan pelajar yang mendaftarkan diri harus menunjukkan kartu tanda mahasiswa/pelajar. Untuk masyarakat selain mahasiswa dan pelajar, membawa Kartu Tanda Penduduk (KTP).

"Sebelum pemberangkatan, Dishub bersama Perusahaan otobis (PO) akan memastikan armada yang digunakan laik jalan atau dalam kondisi baik. Olehnya, Sumarno mengimbau agar masyarakat memanfaatkan mudik gratis yang kembali dibuka tahun ini."

"Dishub akan mengeluarkan imbauan agar pemudik menggunakan angkutan umum. Selain demi keselamatan pribadi dan orang lain, mudik dengan angkutan umum mengurangi kepadatan lalu lintas. Tentu kita berharap arus mudik Lebaran tahun ini akan semakin lancar, aman, dan nyaman. Kita tidak ingin masyarakat yang mau bertemu keluarga dan sanak saudara justru mengalami kecelakaan,” pungkasnya.**

Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN