Selama Ramadhan, Satpol PP Backup Polisi Amankan Keramaian


Reporter: Firmansyah Lawawi

SATUAN Polisi Pamong Praja Kota Palu menempatkan personilnya di titik-titik lokasi keramaian di Kota Palu selama bulan Ramadhan 1440H.

Penempatan personil ini dimaksudkan membackup pengamanan pihak kepolisian, seperti SOP tahun sebelumnya.

"Kami tetap menempatkan personil Satpol PP di berbagai titik keramaian yang ada di kota Palu, " kata Kasat Pol PP Palu, Nathan Pagasongan, di Palu, Kamis (23/5/2019).

Untuk lokasi yang akan dijadikan pasar senggol pada bulan Ramadhan, Nathan mengaku akan menempatkan personilnya sebanyak 10 hingga 15 orang di setiap lokasi. "Personil yang paling banyak diturunkan pada pasar senggol atau Lentora, berada di wilayah Palu Barat. Tepatnya di kompleks Palu Plaza, sebanyak 15 personil," terangnya.

Jumlah lokasi pasar senggol atau Lentora yang ada di kota Palu, sebanyak empat lokasi. Meliputi kompleks Palu Plaza, Kecamatan Palu Barat.  Hutan kota Kaombona Kecamatan Mantikulore dan lapangan Dewi Sartika Kecamatan Palu Selatan, "Untuk pasar Lentora di jalan Pue Bongo, Kecamatan Tatanga, belum ada laporan resminya masuk kepada kami,” katanya.

Penempatan 21 personil tersebut kata mantan Kabag Humas Pemkot Palu tersebut untuk memback up pengamanan pihak kepolisian. " Hal itu juga mencakup pengamanan sholat Ied di lapangan Vatu Lemo, " jelasnya.

Sementara untuk pelaksanaan shalat Idhul Fitri di lapangan mini Kelurahan Petobo, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Palu akan menempatkan 21 praja wanita maupun pria untuk melakukan penjagaan di lokasi tersebut.

"Guna melakukan pengamanan sholat Ied di lapangan bola mini Kelurahan Balaroa, sebanyak 21 personil Satpol PP yang non Muslim akan kami arahkan ke tempt tersebut. Pada hari itu, mereka tidak libur," sebut Nathan.

Disoal penertiban pada pasar Inpres Manonda, Kasat Pol PP Palu membeberkan menurunkan sebanyak 38 personil yang melakukan pengawasan satu kali dua puluh empat jam.

"Dalam melakukan imbauan maupun penertiban pedagang di Pasar Inpres, utamanya yang berjualan di bahu jalan. Kami tetap melakukan tindakan persuasif. Dalam hal ini secara kontinyu terus melakukan imbauan maupun teguran. Kedepannya nanti bentuk penertibannya akan lebih ditingkatkan lagi," katanya.
Jumlah total Satpol PP kota Palu saat ini, sebut Nathan sebanyak 458 personil. Meliputi tenaga honorer sebanyak 371 orang. Sementara ASN 87.**

Share on Google Plus

0 komentar:

Posting Komentar

close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN