Untad Selangkah Lebih Maju Dari PT Lain

Soal Pencegahan Radikalisme

Reporter: Yohanes Clemens

WAKIL Rektor Bidang Kemahasiswaan Universitas Tadulako (Untad) Dr Ir Sagaf M Si, menilai Untad merupakan universitas yang selangkah lebih maju dari Perguruan Tinggi lainnya dalam hal mencegah adanya penyebaran radikalisme dalam kampus. 


Hal itu dibuktikan dengan adanya pembentukan Pusbang DePSA sejak beberapa tahun lalu, yang seperti diketahui beberapa Perguruan Tinggi lainnya baru proses pembentukan dan deklarasi.

"Semuanya ini tentunya berkat adanya elemen didalam lingkungan Untad yang sudah berperan dalam mencegah adanya penyebaran radikalisme dalam kampus," ujar Dr Sagaf.

Bahkan, kata Dr Sagaf, dibidang akademik kita setiap saat berjalan untuk mencegah radikalisme, yaitu secara pendidikan dengan mengajar dan mendidik yang merupakan bagian dari penguatan ideologi negara.

Dr Sagaf melanjutkan, mencegah kampus terpapar radikalisme bukan hanya merupakan tanggungjawab Pusat Pengembangan Deradikalisasi dan Penguatan Sosio-Akademik (Pusbang DePSA) Untad, tetapi  sumber daya Untad juga memiliki tanggung jawab untuk itu, penguatan secara internal termaksud kegiatan belajar mengajar.
"Sejauh ini Untad akan bertindak  berdasarkan implikasi dan temuan dilapangan, Pusbang DePSA bekerja tidak sendiri, karena semua eleman memiliki tanggungjawab akan hal itu," jelasnya.
Olehnya, untuk mendeteksi mahasiswa yang tercekoki paham radikalisme bukan hanya tugas Pusbang DePSA, proses belajar mahasiswa selalu dipantau oleh dosen, kegiatan-kegiatan kemahasiswaan pun mahasiswa selalu kita pantau, sehingga kita yakin betul bahwa Untad bersih dari penyebaran radikalisme.**
Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN