Agussalim (Dandang) New Entry Menyalip Figur Lain


Reportase : Ramdan otoluwa

NAMANYA, Agussalim SH., mantan calon DPD RI Dapil Sulteng 2019 lalu. Tak dinyana, Agus Dandang (Dandang padanan kata belanga dalam Bahasa Indonesia-red) pada polling Calon Wali Kota 2020 – 2025 mendatang namanya menyerobot dan menempati posisi ketiga. Ia bahkan dinilai new entry (pendatang baru) di blantika politik lokal tapi pada polling selama 10 hari lewat Litbang kailipost mengalahkan figur – figure politik lainnya. Ia hanya terpaut sedikit dengan responden yang mendukung Hadianto Rasyid.

Nama Agus masuk bursa polling, ketika Litbang KP mencoba menshare beberapa nama di media sosial dan media online kailipost.com siapa saja yang layak untuk menjadi calon wali kota. Namanya bertengger untuk masuk nominasi. ‘’Namanya tak diduga dan bahkan hasilnya pun tak diduga sebelumnya,’’ ujar Wakil Pemimpin Redaksi KP, Ikhsan Madjido semalam.

Agussalim didampuk masuk pada dinamika Pilwakot Palu sebenarnya bukan hal yang luar biasa. Karena secara politik, raupan suaranya pada Pileg DPD RI Dapil Sulteng 2019 lalu, di Kota Palu ia dipilih 16 ribuan pemilih dari sejumlah 213.957 DPT. Artinya, Agus Dandang telah memiliki potensi untuk dipilih warga Palu sebanyak itu bila kembali berlaga di kontestasi politik selevel Pilkada.

‘’Caleg DPD RI sangat banyak. Tapi Agus bisa meraup 16 ribuan. Bagaimana bila di Pilwakot yang kompetisinya tidak terlalu banyak calon. Irisan ini ke Pilkada sangat potensial. Apalagi, ia akan lewat jalur independen semakin leluasa ia merangkul simpatisan parpol manapun. Agus bukan hanya sekedar pendatang baru,’’ ujar anggota Litbang KP, Wawan Karmawan lagi.

Agus sendiri ketika dimintai komentarnya soal dirinya mampu bertengger di nomor tiga urutan polling calon wali kota, ia hanya mengaku akan menyeriusi dukungan publik itu. ‘’Sekecil apapun itu polling dan itu dukungan warga kota saya kira perlu diapresiasi saja. Saya masih bersama tim bekerja untuk mengumpulkan dukungan KTP sebanyak 25 ribuan. Do’akan semua lancar,’’ jawabnya kemarin.**
 

Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN