Dana Pasigala Untuk Guru


Bulan Ini Cair

Reporter: Firmansyah Lawawi
KABAR Gembira bagi para guru di Kota Palu. Dana tunjangan khusus bencana untuk para guru PNS dan tenaga honorer yang terdampak bencana 28 September 2018, akan direalisasikan pencairannya pada bulan ini.

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Pendidikan Kota Palu, Ansyar Sutiadi, Selasa (11/6/2019), menjawab isu dana tunjangan khusus bencana untuk para guru PNS dan tenaga honorer yang rencananya dicairkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) sebelum lebaran Idul Fitri 2019 ini.

Dana tunjangan khusus tersebut yang dikenal di kalangan para guru dan tenaga guru honorer sebagai dana Pasigala, ternyata belum dicairkan hingga saat ini.

Namun Ansyar Sutiadi menjelaskan, pencairan dana Pasigala tahap II tidak mengalami kendala. Menurutnya, hanya proses pencairan saja yang tertunda dari Kemendikbud.

"Tidak ada kendala untuk pencairan dana Pasigala, hanya prosesnya masih tertunda di pusat. Insya Allah bulan ini pencairan dana Pasigala bagi ASN dan tenaga honorer kota Palu, akan direalisasikan," katanya.

Menjawab pertanyaan mengenai penerbitan surat edaran dari pihak Disdik Kota Palu bahwa pencairan dana Pasigala tahap II akan direalisasikan sebelum Lebaran, Ansyar menepis pernyataan tersebut.

Ditegaskannya, bahwa pihaknya tidak pernah menerbitkan surat edaran tersebut. Karena yang menentukan proses pencairannya menjadi wewenang pemerintah pusat, dalam hal ini Kemendikbud sebagai pemilik anggaran tersebut.

"Edaran bagaimana? Tidak ada surat edaran, yang ada hanya harapan semoga pencairannya dapat diwujudkan sebelum Lebaran," ujarnya.

Sebelumnya, Kepala Bidang P2TK Disdik Kota Palu, Imam Sutarto mengatakan sesuai informasi dari Kemendikbud, dana Pasigala tahap II akan dicairkan sebelum lebaran 2019. "Sekarang lagi proses di Kemenkeu," kata Imam, Kamis (13/5).

Menurutnya, sesuai data yang diterima, penerima dana Pasigala tahap II sebanyak 4500 orang yang merupakan penerima susulan. Sedangkan 409 orang merupakan penerima tahap II setelah sebelumnya mereka telah menerima dana Pasigala tahap I, beberapa bulan lalu.

Adapun total alokasi dana untuk tunjangan khusus tahap II bagi 409 guru PNS maupun honorer terdampak bencana Kota Palu untuk enam bulan sebesar Rp4,689 miliar.**

Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN