P3KA Pertajam Perestasi Mahasiswa


Reporter: Yohanes Clemens

WAKIL Rektor Bidang Kemahasiswaan Untad, Dr Ir Sagaf Djalalemba, MP, belum lama ini mengatakan, Universitas Tadulako (Untad) kini memiliki satu lembaga baru, yakni Pusat Pembinaan dan Pembinaan Kegiatan Kemahasiswaan (P3KA). 

"P3KA ini sendiri merupakan lembaga baru bentukan Untad, yang berada di bawah koordinasi Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan," ujar Dr Sagaf

Dr Sagaf, menjelaskan, P3KA dibentuk untuk membantu kerja-kerja Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, utamanya di bidang kelembagaan mahasiswa. Dimana cakupan kerja bidang kemahasiswaan ini sangat luas, maka pihaknya merasa, perlu ada sebuah unit khusus yang menangani sejumlah bidang di dalamnya. 
“Indikator kemajuan universitas, terletak pada dua hal, yakni mutu luaran pendidikan dan prestasi mahasiswa. Prestasi mahasiswa inilah yang menjadi tanggung jawab saya selaku Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan. Saya berpikir, harus ada yang membantu saya untuk mempertajam program yang sudah disusun,” kata Dr Sagaf.
Sehingga, lanjut, Dr Sagaf ada tiga bidang yang dibantu penajaman program oleh unit tersebut, yakni pembinaan kelembagaan mahasiwa, minat dan bakat, serta penalaran akademik. "Tiga bidang inilah yang nanti menjadi urusan unit ini. Seperti, contohnya, pengiriman Proposal Kreativitas Mahasiswa (PKM). Menurut saya, ini harus dibina secara berkelanjutan dan sistemik, karena PKM ini diperebutkan oleh semua universitas di Indonesia. Selama ini, hal-hal yang berkaitan dengan pembinaan dan pengembangan kelembagaan mahasiswa, minat dan bakat, serta penalaran akademik, nampaknya tidak jalan,” tuturnya.

Maka, kata Dr Sagaf, hal ini yang harus diseriusi oleh bidang Kemahasiswaan, lewat kehadiran P3KA ini. "Nantinya, P3KA ini yang membina tim pelaksana program yang ada. P3KA sendiri saat ini diketuai oleh Dr Vitayanti Fattah, SE, MSi, dengan Haliadi, SS, MHum, PhD sebagai sekretaris. Keduanya dikukuhkan oleh Rektor Untad, Prof Dr Ir Mahfudz, MP, 12 Juni lalu," terangnya.**


Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN