Sejumlah Bakal Calon Gubernur Mulai Tampil


LEBARAN RASA PILKADA 2020
Anwar Hafid dan beberapa Bakal Calon Gubernur Hadiri Open House di kediaman Gubernur 
Oleh: andono wibisono

PILKADA Serentak di delapan kabupaten, satu kota dan di Provinsi Sulawesi Tengah mulai terasa suasananya. Tak hanya ramai di dunia maya - media sosial, tapi suasana terang-terangan sudah mulai ditunjukkan para bakal calon bupati, wali kota bahkan bakal calon gubernur periode 2020 – 2025. Bahkan momentum lebaran Idul Fitri 1440 hijriah sejak 5 Juni lalu suasana Pilkada mulai terasa.

Pemandangan ‘lebaran rasa pilkada’ nampak ketika diperkirakan tiga ribuan warga Palu, Donggala dan Parigi Moutong serta Kabupaten Sigi memadati rumah Akhmad Ali (anggota DPR RI dari Nasdem) 8 Juni lalu. Bahkan Open House Akhmad Ali bersama istrinya Nilam Sari Lawira diumumkan secara terbuka di media sosial. Sejumlah tokoh pun memeriahkan acara yang digelar di Jalan Swadaya Palu Timur tersebut. Hidayat Lamakarate pun hadir dalam acara tersebut. Keduanya pun depan awak media foto berdua. Ada pesan disampaikan bahwa keduanya tak lagi sungkan untuk menjadi percakapan politik lokal 2020 mendatang.

Hal yang sama ketika Open House di kediaman Gubernur Longki Djanggola lebaran hari pertama – 5 Juni 2019 lalu. Sejumlah tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh perempuan, pemuda memadati rumah jabatan gubernur Sulteng dua periode itu. Yang menjadi perhatian jurnalis, kedatangan Sekdaprov Hidayat Lamakarate (HL) dan Ketua Demokrat Sulteng, Anwar Hafid (AH) di rujab tersebut.

Keduanya begitu sumringah dan bahkan tak malu-malu mulai menunjukkan kemesraan di depan awak media. Bahkan sesi foto, HL dan AH saling menggepalkan tangan. ‘’Foto biasa silaturahim lebaran. Tapi tidak biasa karena sedikit lagi Pilkada. Ketemunya juga kebetulan di rumah Bapak Gubernur,’’ ujar Sekretaris DPD Partai Demokrat, Abd Radjak BM Radjak, SH kepada Kaili Post di tempat itu.
Bakal Calon Gubernur Anwar Hafid dan Hidayat Lamakarate Bertemu di Open House Gubernur Sulteng 
Bagaimana dengan daerah-daerah lainnya? Di Morowali Utara, nama dr Delis mulai disebut-sebut sebagai bakal calon (balon) bupati Morut. Delis mantan anggota DPD RI dan di Pileg 2019 lalu menjadi Caleg Hanura Dapil Sulteng nomor urut satu namun kandas.   

Dari Kabupaten Banggai, dilaporkan oleh reporter Taufik Laumarang bahwa sejumlah Balonbup Banggai mulai bermunculan di hari lebaran. Ada yang menggelar open house, silaturahim ke tokoh-tokoh masyarakat, tokoh agama dan bahkan kegiatan idul fitri lainnya. Misalnya, seperti Syamsul Bahri Mang (ketua DPRD), Herwin Yatim (bupati saat ini) dan bakal calon lainnya.

Sedangkan di Kota Palu, selain petahana Wali Kota Hidayat menggelar Open House, namun sejumlah nama yang disebut-sebut akan ikut berlaga di Pilwakot 2020 semisal; Hadianto Rasyid juga menggelar silaturahim di kediamannya. Basier Tanase, pun kediamannya ramai dipadati warga yang bersilaturahim. Sedangkan Bartholomeus yang namanya digadang-gadang di Pilgub dan Pilwakot juga nampak beberapa kali fotonya terpasang di medsos berlebaran di kediaman tokoh-tokoh masyarakat dan tokoh agama di Palu.**


Share on Google Plus

0 komentar:

Posting Komentar

close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN