Apeksi Kawal Capaian RPJMN

  • Whatsapp
banner 728x90

 

Wali Kota Palu, Hidayat didampingi Sekretaris Daerah Asri L. Sawayah menghadiri pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) XIV Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) tahun 2019 di Ballroom PO Hotel Semarang pada Rabu, 03 Juli 2019.

Kegiatan yang mengangkat tema “Penguatan Alokasi Anggaran Pemerintah Daerah untuk Mendukung Profesionalitas Apartur dan Kemandirian Daerah” ini dibuka langsung oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI, Tjahjo Kumolo.

Dalam sambutannya, Tjahjo Kumolo menyampaikan bahwa Pemerintah kota melalui Apeksi harus terus mengawal dan mendukung pencapaian pembangunan dalam RPJMN, karena hal tersebut penting dan untuk sinkronisasi antara pembangunan kota dan daerah.

Mendagri juga mengatakan Apeksi harus berperan aktif mendorong anggotanya yang tersebar pada 93 daerah kota otonom dan 5 kota administratif untuk segera mengambil langkah-langkah penyesuaian terhadap rancangan RPJMN 2020-2025.

“Itu penting untuk penjabaran visi misi RPJMN 2020-2025 ke dalam rancangan perubahan masing-masing RPJMD Pemerintah kota, sehingga sinkronisasi pembangunan pusat-daerah berjalan dengan baik,” tekannya.

Secara detail, Rakernas Apeksi kali ini juga akan membicarakan terkait strategi dana transfer daerah untuk mendukung profesionalitas dan kemandirian keuangan daerah.

Selain itu juga, akan didiskusikan terkait dana kelurahan untuk penguatan Pemerintah daerah dengan menghadirkan Wakil Menteri Keuangan RI, Mardiasmo dan Menteri PANRB, Syafruddin.**

Sumber: Humas Kota Palu

Berita terkait