Dana Hutang World Bank Rp4 T untuk Korban Pasigala



sumber/editor: Humpro sulteng/andono wibisono

WORLD Bank menyiapkan dana Rp4 triliun guna membantu pemulihan dan penanganan bencana di wilayah Sulawesi Tengah – Palu, Kabupaten Sigi dan Kabupaten Donggala serta sebagian Kabupaten Parigi Moutong. Hal itu dikatakan gubernur Sulteng melalui staf ahlinya, Moh Nizam (24/07/2019) di Palu.

Gubernur mengatakan penanganan bencana gempa bumi, tsunami , likufaksi di Sulteng 28 September 2019 lalu saat ini telah masuk tahap rehabilitasi dan rekontruksi. Upaya selama ini banyak dibantu lembaga atau organisasi internasional. Saat ini, World Bank akan memberikan dukungan dana Rp4 triliun tentunya diharapkan pelaksanaannya harus dilakukan melalui kajian yang matang dan perlu pelibatan masyarakat agar pembangunan itu dapat termanfaatkan dengan baik. ‘’Pembangunannya sesuai kebutuhan riil masyarakat. Jangan mubazir karena tidak melibatkan masyarakat,’’ tandas gubernur.

Dedi Permadi, pejabat Kementrian PUPR menyampaikan bahwa ada beberapa penugasan untuk percepatan pemulihan dampak bencana di Sulteng antara lain, percepatan penyediaan Huntap, percepatan pembangunan fasilitasi kesehatan dan gedung pemerintah, fasilitasi pendidikan dasar, pembangunan kembali gedung Universitas Tadulako dan pembangunan infrastruktur lainnya seperti pembangunan jaringan air bersih.

George Soraya perwakilan World Bank menyampaikan untuk mempercepat kegiatan yang akan didanai melalui Bantuan Bank Dunia perlu data yang valid supaya seluruh kegiatan yang dilakukan tidak tumpang tindih sehingga World Bank akan memberikan dukungan dalam rangka penguatan pusat data dan informasi bencana Sulteng sehingga seluruh kegiatan yang dibiayai bank dunia masuk dalam Website resmi Pemda.

Sekdaprov Mohammad Hidayat Lamakarate menyampaikan bahwa data bencana secara keseluruhan sudah tersedia dan sekarang perlu percepatan pelaksanaan penanganannya. Dana bank dunia sudah tersedia olehnya diharapkam kabupaten dan kota dapat menyusun kegiatan yang akan dilaksanakan dan didanai melalui bank dunia Rp4 T. Diharapkan hari ini Kamis 25 Juli 2019 dirinya bersama bupati dan walikota Palu dan OPD teknisnya mematangkan seluruh kegiatan yang segera dilaksanakan.**




Share on Google Plus

0 komentar:

Posting Komentar

close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN