Donggala Peringati HAN & Harganas 2019



Reportase/donggala: Syamsir hasan

PERINGATAN Hari Anak Nasional Ke-35 dan Hari Keluarga Nasional (Harganas) Ke-26 Tingkat Kabupaten Donggala Tahun 2019, di Halaman Kantor Bupati Donggala, Selasa, (16/07/2019). Tema kegiatan tersebut yaitu Wujudkan Lingkungan Dan Keluarga Ramah Anak.

Wakil Bupati Donggala Moh.Yasin,S.Sos menghadiri acara tersebut,dalam sambutannya mengatakan bahwa anak-anak adalah aset negara dan hal terpenting bagi negara, ini buktikan bahwa anak-anak diberi khusus, ada hari anak sama dengan ibu-ibu ada tempat khusus pada hari ibu.

"Anak-anak ibarat kertas putih yang kemudian akan berwarna ketika ada yang menggoreskannya, siapa yang menggoreskan yaitu lingkungannya yang paling dekat itu adalah Ibu, Ayah dan saudara-saudaranya, diluar dari itu adalah guru-guru dan tetangganya mereka itulah yang akan menggoreskan, jika goresannya berwarna merah maka dia nanti besar akan berwarna merah dan kalau goresannya warna hitam maka sepanjang hidupnya akan menjadi hitam." ujarnya.

Oleh sebab itu, beliau mengatakan orang tua dan guru beserta lingkungan tetangganya agar memberikan warna yang baik, sehingga anak-anak nantinya akan tumbuh dengan baik dan menjadi kebanggaan keluarga terutama kebanggan bagi bangsa dan negara.

"Saya berharap kepada sekolah agar jangan menilai anak-anak pintar dalam rumus matematika atau kimia saja, karena itu bukan salah satu faktor penilaian yang anak cerdas, tetapi anak-anak yang tidak cerdas dalam rumus matematika dan kimia, secara sosial dia cerdas sehingga ini dalam pendidikan harus diseimbangkan," harapnya.

Moh.Yasin juga meminta kepada anak-anak agar menjadi anak yang baik yang senantiasa berbakti kepada orang tua, rajin belajar dan menjaga diri, terutama jangan mempelajari hal-hal yang tidak selayaknya dilakukan dan ditiru serta jangan mudah menyerah dengan tantangan karena dengan tantangan itu, kalian akan menjadi lebih dewasa.

Diakhir sambutannya Moh.Yasin berharap Selaku Wakil Bupati Donggala untuk Pemerintah dan sebagai orang tua agar supaya anak-anakku sekalian patuh kepada orang tua , guru dan tentu ramah dengan keluarga menjaga lisan dan prilaku supaya menjadi anak yang baik, karena kalian akan menjadi tongkat estafet bangsa, untuk memajukan khususnya Kabupaten Donggala yang kita cintai.

Sementara itu ditempat yang sama, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Dra. Aritatriana, M.Si selaku ketua panitia dalam laporannya menyampaikan bahwa anak merupakan aset penting bagi sebuah keluarga, dalam lingkup yang lebih luas yaitu bangsa dan negara.

"Untuk itu, baik keluarga maupun negara diharapkan menjadi pendukung utama, bagi terwujudnya anak yang sehat dan berkualitas agar kemajuan dan kemakmuran bangsa dimasa yang akan datang dapat tercapai," ujarnya.

Lanjut disampaikannya adapun maksud dan tujuan dilaksanakannya kegiatan tersebut yaitu bahwa peringatan Hari Anak merupakan momentum yang tidak boleh diabaikan sebab menjadi sarana untuk menggugah terwujudnya kepedulian serta partisipasi seluruh masyarakat Indonesia terhadap penghormatan, penghargaan dan jaminan terhadap hak-hak anak untuk tidak membeda-bedakan mereka.

Ia juga menyampaikan bahwa rangkaian kegiatan yang dilaksanakan pada peringatan Hari Anak Nasional (HAN) yaitu lomba kreasi celengan yang dilaksanakan di Desa Mbuwu Kecamatan Banawa selatan pada tanggal 9 Juli 2019  melibatkan anak-anak yang ada di Kabupaten Donggala.

Diakhir sambutannya, Aritatriana mengucapkan terima kasih kepada Yayasan Wahana Visi, Yayasan Sayangi Tunas Cilik dan Pimpinan Mandiri, Bank Sulteng Cabang Donggala yang telah mensponsori serta kepada semua pihak yang telah berpatisipasi.

Dilanjutkan dengan penyerahan hadiah lomba kreasi celengan,serta penyerahan door prise berupa Sepeda yang diserahkan langsung oleh Wakil Bupati. Turut hadir Wakil Ketua TP-PKK, Ketua DPRD, Forkopimda, Pimpinan Bank Mandiri, Wahana Visi, Pimpinan BRI dan Yayasan Tunas Cilik.**


Share on Google Plus

0 komentar:

Posting Komentar

close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN