Kemenperin Minta Data Bantuan Guna Recovery Bencana Padagimo


 

Sumber/editor: Humpro sulteng/Ramdan otoluwa

SEKDAPROV DR Hidayat Lamakarate (30/07/2019) kemarin menerima kunjungan rombongan Sekretaris Jendral Kemenperin Haris Munandar. Hidayat didampingi  Kadis Perindag Richard Arnaldo MSA. Haris Munandar menjelaskan, kunjungannya bersama rombongan ke Sulteng dalam rangka ingin mengetahui hal-hal apa yang diperlukan dalam rangka recovery pasca bencana.

Mengingat, kata Haris, proses recovery pasca bencana masih cukup panjang dan tentunya terkait dana. ‘’Bantuan yang masih tersisa di Kemenperin masih bisa digunakan untuk proses recovery atau pemulihan terutama di sektor industri seperti UMKM yang kegiatan usahanya terkena dampak bencana.’’ Jelas Sekjen Kemenperin.

Terkait dana bantuan yang akan disalurkan, Sekjen mengharap kepada Sekprov kira-kira hal apa yang perlu dilakukan dan kiranya perlu secepatnya memberi usulan kepada Kemenperin agar segera ditindak lanjuti. kita tidak ingin berlama-lama karena dikuatirkan akan jadi masalah, karena dana tersebut ialah amanat milik para donatur yang memiliki niat membantu masyarakat Sulteng yang berdampak bencana, dan kami hanya perantara,’’ terangnya. Selain terkait dana bantuan yang akan diserahkan, kunjungan Sekjen Menperin ini juga dalam rangka memantau sejauh mana pemanfaatan bantuan-bantuan yang telah diberikan Kemenperin beberapa waktu lalu.

Hidayat menjelaskan, terkait beberapa bantuan AMDEs yang beberapa waktu lalu diserahkan langsung Menteri Perindustrian saat launching revitalisasi industri, di antaranya bantuan lima unit AMDEs tersebut sampai saat ini masih beroperasi untuk produksi air, dan masih dimanfaatkan oleh pengelola. Selain itu bantuan rumah produksi sampai saat ini pun masih jalan.

Pada Kesempatan tersebut Kadis Perindag dihadapan Sekjen dan Sekprov menjelaskan, saat ini Perindag memiliki beberapa opsi terkait peruntukan dana bantuan yang akan diberikan Kemenperin. Opsi pertama yaitu pembangunan Gedung IPTI Teknopark yaitu teknologi inkubator berdasarkan informasi.

Opsi kedua ialah revitalisasi sikim bawang goreng di Wilayah Sigi, dan opsi selanjutnya ialah sentra mebel di Mamboro. Namun terkait opsi tersebut, secara teknis, akan bicarakan secara teknis dan mendalam dengan Sekdaprov.**

Share on Google Plus

0 komentar:

Posting Komentar

close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN