Peran Budaya Dalam Kemajuan Bangsa


Sosialisasi UU No 5 2017

Reporter/Touna: yahya lahamu

ASISTEN I Bidang Administrasi Pemerintahan dan Kesra Sekretariat Daerah Kabupaten Tojo Una-Una Ir. Munawar Mapu,M.Si menilai kebudayaan memegang peranan penting dalam kemajuan suatu bangsa, keberagaman budaya daerah merupakan kekayaan dan identitas suatu bangsa.

Olehnya, kebudayaan perlu dijaga, diberdayakan, dibina dan dilestarikan serta dikembangkan sehingga dapat berperan dalam upaya menciptakan masyarakat Kabupaten Tojo Una-Una yang memiliki jatidiri, berakhlak mulia, berperadaban dan mempertinggi pemahaman masyarakat terhadap nilai-nilai luhur budaya Bangsa secara maksimal dengan berdasarkan pancasila dan undang-undang dasar 1945.

Hal itu disampaikan Asisten I Ir. Munawar Mapu mewakili Bupati Tojo Una-Una Mohammad Lahay, SE, MM pada pembukaan kegiatan sosialisasi Undang-undang Nomor 5 tahun 2017 tentang pemajuan kebudayaan diwilayah Kabupaten Tojo Una-Una, Rabu (10/7/2019) di Hotel Lawaka Dondo.

Lanjut kata Munawar Mapu, masyarakat Kabupaten Tojo Una-Una memiliki beberapa suku bangsa seperti Ta'a Bare'e, Bajo, Bibongko, Saluan, Bugis, Gorontalo, sehingga perlu dilestarikan dan dikembangkan.

Pelestarian dan pengembangan kebudayaan daerah bukan saja tanggung jawab pemerintah sendiri, akan tetapi merupakan tanggungjawab kita bersama antara pemerintah, masyarakat serta stakeholder yang terkait dengan kebudayaan salah satunya bagaimana melestarikan bahasa daerah ke anak cucu kita.

"Olehnya melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan kami mengapresiasi yang telah melaksanakan sosialisasi UU nomor 5 tahun 2017 tentang pemajuan kebudayaan sebagai dasar hukum untuk Penyusunan Pokok Pikiran Kebudayaan Daerah (PPKD) Kabupaten Tojo Una-Una yang merupakan dokumen yang berisikan perencanaan dan strategi serta rencana induk pemajuan kebudayaan, " ujarnya.**

Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN