Pilkades Serentak Hasilkan Kades Berkualitas

Bimbingan Teknis  Panitia Pemilihan Kepala Desa dan Panwascam Pada Pemilihan Kepala Desa serentak diwilayah Kabupaten Tojo Una-Una, Selasa (2/7/2019) 

Reporter/Touna: yahya lahamu


BUPATI Tojo Una-Una Mohammad Lahay, SE, MM berharap pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa serentak yang akan dilaksanakan di 76 Desa di Kabupaten Tojo Una-Una dapat berlangsung secara demokrasi yang dapat menghasilkan kepala desa (kades) berkualitas.

Hal itu disampaikan saat membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) Panitia Pemilihan Kepala Desa dan Panitia Pengawas Kecamatan Pada Pemilihan Kepala Desa serentak diwilayah Kabupaten Tojo Una-Una, Selasa (2/7/2019) di Aula Pertemuan Hotel Ananda.

Bupati mengatakan pemilihan kepala desa merupakan proses suksesi pergantian kekuasaan karena ketentuan perundang-undangan dimana Jabatan Kepala Desa diatur masa jabatannya yang ketika berakhir masa jabatannya harus ada pergantian kekuasaan.

"Berdasarkan peraturan daerah Kabupaten Tojo Una-Una nomor 7 tahun 2015 sebagai telah dirubah dengan Peraturan Daerah kabupaten Tojo Una-Una nomor 7 tahun 2017 tentang pemilihan dan pemberhentian Kepala Desa bahwa masa jabatan Kepala Desa adalah 6 tahun terakhir sejak tanggal pelantikan, sehingga pemilihan Kepala Desa merupakan agenda rutinitas enam tahunan yang seharusnya disikapi secara wajar tetapi harus sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan," kata Bupati.

Lanjut dikatakannya, pelaksanaan pemilihan Kepala Desa secara serentak dimaksudkan untuk mendapatkan pimpinan desa yang berkualitas yang sesuai dengan harapan masyarakat untuk memimpin desa selama enam tahun kedepan.

“Olehnya, pemilihan Kepala Desa sebagai momentum untuk memperkuat partisipasi masyarakat dan konsilidasi demokrasi karena masyarakat mempunyai peranan penting dalam menentukan arah kebijakan pemerintahan desa sesuai kebutuhan masyarakat,” ujarnya.

Menurutnya, pemilihan kepala desa juga merupakan sarana pemersatu masyarakat bukan untuk memicah bela masyarakat sebagai subjek untuk menentukan figur pimpinan desa dan bukan objek yang mudah dipengaruhi.

“Oleh karena itu diharapkan masyarakat yang punya akal dan hati nurani jangan sampai mudah dipengaruhi dengan politik uang atau sesuatu yang sifatnya hanya sementara sedang kepala desa terpilih nantinya akan memimpin penyelenggaraan pemerintahan selama 6 tahun kedepan,” tuturnya.

Bupati juga berharap dalam rangka pemenuhan terhadap prinsip demokrasi maka pelaksanaan pemilihan kepala desa dilakukan dengan asas langsung, umum bebas langsung, jujur dan adil.

“Pelaksanaan pemilihan Kepala Desa diwilayah Kabupaten Tojo Una-Una ini harus dapat terlaksana dengan sukses tahapan, sukses secara partisipasi maupun sukses secara regulasi yang artinya sukses tahapan itu pelaksanaannya dapat berjalan sesuai dengan rencana atau jadwal dan tahapan yang dibuat oleh panitia pemilihan kepala desa,” harapnya.

Hadir dalam kegiatan itu Sekretaris Daerah Kabupaten Tojo Una-Una Taslim DM Lasupu SP,MT, Kepala Dinas DPMD Drs. H. Hasan Lasiata,M.Si perwakilan Kepala OPD lingkup Pemkab Tojo Una-Una, para Camat, puluhan panitia pengawas serta tamu undangan lainnya.**


Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN