PNS Wajib Menyesuaikan dan Menyelaraskan Dengan Era 4.0



Reporter: Yohanes Clemens

Kepala Biro Sumber Daya Manusia (SDM) Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), Ari Hendrarto Saleh SE MSi, mengigatkan kepada Pegawai Negri Sipil (PNS), yang berada di bawah naungan Kemenristekdikti wajib menyesuaikan dan menyelaraskan dengan era Revolusi Industri 4.0 yang sedang dijalani. 

Hal itu dikatakanya saat menjadi pemateri utama dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh Biro SDM Kemenristekdikti di Universitas Tadulako (Untad). Kegiatan yang bertajuk Pendampingan Penyelesaian Kasus Dugaan Pelanggaran Disiplin PNS dan/atau Permasalahan Kepegawaian itu dilaksanakan di Conference Room, Gedung IT Center Untad, pada Senin (22/7).

"Konsep SDM 4.0 yang diharapkan adalah SDM yang mampu berdaya saing. Untuk dapat berdaya saing, SDM Kemenristekdikti harus mampu menunjukkan kinerja terbaik yang dilihat dari berbagai aspek.

Aspek yang dimaksud adalah kompetensi, prestasi, kinerja, integristas, manajemen talenta, dan konsistensi track record. Itulah aspek utama yang harus dimiliki oleh SDM di era Revolusi Industri 4.0. Era ini tidak boleh hanya lewat begitu saja, SDM Kemenristekdikti harus gesit menyesuaikan diri," jelas Kepala Biro SDM.

Dalam pemaparan materinya Dia menjelaskan, aturan disiplin PNS tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 (PP 53/2010). Dalam peraturan pemerintah itu, tertuang jelas aturan dan disiplin yang wajib dilaksanakan oleh PNS. 

Olehnya, Kepala Biro SDM mengharapkan, setiap PNS di bawah naungan Kemenristekdikti agar menaati aturan yang ada sehingga dapat terhindar dari teguran maupun sanksi pelanggaran disiplin PNS.

"Dengan berdisiplin, kita mampu menghargai hakikat kita sebagai PNS. Dengan menjunjung disiplin pula, tugas dan tanggungjawab yang diemban dapat kita laksanakan dengan tepat dan dalam koridor yang berlaku," ujar Ari Hendrarto Saleh.

Sementara itu, Rektor Untad, Prof Dr Ir H Mahfudz MP menyambut baik kegiatan yang diinisiasi oleh Biro SDM Kemenristekdikti. Prof Mahfudz menyampaikan, adanya kegiatan itu diharapkan dapat memperkuat kinerja Kepegawaian Untad, dan menjadi sarana sosialisasi kepada sivitas akademika Untad. Apalagi, kegiatan yang diselenggarakan oleh Biro SDM terkait dengan disiplin PNS dan manajemen SDM di Era Revolusi Industri 4.0.

"Terima kasih atas kepercayaan dari Pihak Kemenristekdikti, khususnya Bapak Kepala Biro SDM yang telah menyelenggarakan kegiatan ini di Untad. Harapan kami, kinerja PNS di Untad dapat diselaraskan dengan konsep SDM Kemenristekdikti. Tentu hal positif itu akan berimplikasi pada peningkatan kinerja, peningkatan sistem pelayanan, dan tentu saja peningkatan kualitas pembelajaran," kata Rektor.

Turut hadir dalam kegiatan itu para wakil rektor, Ketua SPI, para ketua lembaga, Direktur Program Pascasarjana, para dekan dan wakil dekan fakultas, Kepala Biro Umum dan Keuangan, para kepala bagian dan kasubbag, serta dosen dan pegawai Unrad lainnya. ***

Share on Google Plus

0 komentar:

Posting Komentar

close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN