PUING JEMBATAN IV TERJUAL RP.1,9 MILYAR LEBIH

Pejabat lelang KPKNL kota Palu, Jahantus Banjarnahor 

Reporter: Firmansyah Lawawi

Puing rangka baja jembatan IV yang ambruk akibat bencana alam 28 September 2018 silam sudah terlelang. Dengan nilai Rp.1.975.348.000 (Satu milyar sembilan ratus tujuh puluh lima juta tiga ratus empat puluh delapan ribu).

Pejabat lelang Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) kota Palu, Jahantus Banjarnahor ditemuI di ruangannya, Senin (29/7/2019) mengaku bahwa dari lelang tertanggal 24 Juli 2019, jembatan IV telah terjual.

"Pada pelelangan rangka baja jembatan IV. Tertanggal 24 Juli 2019, atau pelelangan tahap kedua, jembatan tersebut telah laku. Dengan nilai sebesar Rp.1.975.348.000, " ungkapnya.

Nilai limit atau dasar harga yang diajukan oleh Pemkot Palu sebesar Rp.1.718.347.000 (Satu milyar tujuh ratus delapan belas juta tiga ratus empat puluh ribu) " Ada kenaikan sekitar Dua ratus enam puluh juta, dari harga yang ditentukan pohak Pemkot Palu, " sebut Jahantor Banjarnahor.

Menurutnya, hingga saat ini pihak pemenang Tender, belum melakukan pembayaran atas jembatan tersebut. Namun peserta lelang yang telah memenuhi syarat sebagai peserta Tender, sebelumnya telah menyetor dana sebesar Rp.859 juta. Sebagai uang jaminan.

"Bila pemenang lelang tersebut belum melakukan pembayaran terhadap puing jembatan empat tersebut, maka dana jaminannya tidak akan dikembalikan lagi. Tapi akan distor kekas Negara. Batas pelunasannya hingga tanggal 31 Juli 2019, " jelasnya.

Sebelumnya, pada bulan Mei 2019, pihak KPKNL telah menenderkan jembatan IV. Akan tetapi belum ada pihak yang membelinya.

Mekanisme pelelangan lanjut Jahantus Banjarnahor melalui online dan terbuka secara umum bagi masyarakat. "Pembeli puing rangka baja jembatan IV, beralamat di Makassar. Atas nama Panda Hendralin Nongkan, " paparnya.

Ditegaskannya, hasil penjualan jembatan IV tersebut, akan diserahkan kepada pihak Pemkot Palu". informasi pelelangannya dapat diakses melalui situs online www.lelang.go.id, " tutupnya. ***

Share on Google Plus

0 komentar:

Posting Komentar

close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN