Rusli Dg Palabbi Menguat


DPRD Pilih Wagub

Foto: Istimewa
Reportase: Ikhsan Madjido

SETELAH Sempat molor, akhirnya pemilihan Wakil Gubernur Sulawesi Tengah dipastikan akan digelar Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulawesi Tengah, pada hari ini (Senin, 8/7/2019).

Dua nama calon Wakil Gubernur Sulteng yang telah ditetapkan dan akan dipilih para anggota DPRD Sulteng, yakni  Sekretaris DPW PAN Sulteng Rusli Dg Palabbi dan Ketua DPW PBB Sulteng Andi Mansur Pasande.

Kedua Cawagub tersebut juga telah melakukan pengundian nomor urut calon. Rusli Dg Palabbi ditetapkan sebagai calon nomor 1, sedangkan Andi Mansur Pasande ditetapkan sebagai nomor urut 2.

“Pemilihan akan dilaksanakan pada hari Senin, Tanggal 7 Juli 2019 pukul 10.00 Wita,” ujar Wakil Ketua Panitia Pemilihan (Panlih) Wagub Sulteng, Alimuddin Paada, Minggu (7/7/2019).

Salah satu politisi kawakan Sulteng, Abd Razak SH yakin Rusli Dg Palabbi yang akan terpilih pada sidang paripurna pemilihan wagub.

“Naluri politik saya mengatakan yang menang dalam pemilihan besok (hari ini-red) saudara Rusli Dg Palabbi,” katanya via pesan WA, Minggu (7/7/2019).

Meskipun pernyataannya bukanlah mewakili partai berlambang mercy ini, Abd Razak menilai sosok Rusli Dg Palabbi sudah dipahami betul oleh legislator Sulteng tentang kapasitasnya, integritasnya, konsistensinya.

“Karena beliau adalah legislator yang di mata teman-temannya layak menjadi wagub mendampingi Gubernur Longki,” tegasnya.

Selain itu, sebut Razak, Rusli Dg Palabbi juga tahu betul gaya memimpin Longki.

“Tapi ini bukan sikap partai, karena belum ada instruksi dari pak ketua,” tambahnya meluruskan.

Rusli Baco Dg Palabbi merupakan kader Partai Amanan Nasional (PAN) dan Andi Mansyur Pasande adalah Ketua DPD Partai Bulan Bintang (PBB) Sulteng. Keduanya dipilih partai pengusung dan pendukung sebagai calon pengganti Wakil Gubernur Alm Sudarto yang telah tutup usia untuk mendampingi Gubernur Longki Djanggola menjalankan roda pemerintahan di sisa masa jabatannya.

Sebelumnya Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sulawesi Tengah menyatakan sikap dukungan kepada Rusli Baco Dg Palabbi.

Wakil Ketua DPW PKS Sulteng Rusman Ramli, di Palu, Rabu (3/7/2019) mengatakan, setelah berkomunikasi dengan dua kandidat calon Wakil Gubernur Rusli Baco Dg Palabbi nomor urut satu dan Andi Mansyur Pasande nomor urut dua yang ditetapkan DPRD setempat melalui rapat paripurna, PKS mengerucut kepada satu nama yakni Rusli sebagai calon yang diunggulkan.

Dia menjelaskan, alasan PKS mendukung Rusli sebagai calon Wakil Gubernur salah satunya faktor kedekatan, sebab saat Rusli masih menjabat sebagai anggota DPRD Sulteng, PKS dan PAN masuk dalam Fraksi Amanat Sejahtera atau fraksi gabungan.

"Sejarah ini yang melatar belakangi menjadi satu hal yang tidak bisa dipungkiri, bahwa faktor kedekatan dan kebersamaan selama di DPRD periode 2014-2019 ini menjadi pertimbangan penting," terangnya.

Dijelaskan, komunikasi yang dibangun dengan kandidat calon Wakil Gubernur nomor urut satu menyangkut visi dan misi yang akan dibawa sejalan dengan apa yang dinginkan PKS setelah dipaparkan di hadapan para petinggi partai tersebut.

Menurutnya, kesepakatan politik dibangun dengan kandidat nomor urut satu tidak terlalu menonjol, paling tidak masa jabatan yang tersisa satu tahun ke depan banyak peluang-peluang yang perlu dikomunikasikan. Sebagai pembantu Gubernur, jabatan wakil cukup strategis dalam mengkomunikasikan kepentingan daerah di Parlemen.

Sebagai bagian dari masyarakat, katanya, mereka sangat berharap ada yang membantu Gubernur Longki Djanggola memimpin daerah ini untuk mewujudkan visi dan misi pemerintah Sulteng hingga akhir masa jabatannya 2021.

"Kami memastikan tiga kader kami yang duduk di kursi DPRD Sulteng solid mendukung calon Wakil Gubernur nomor urut satu dan saat ini surat pernyataan dukungan PKS kepada Rusli Dg Palabbi sedang diproses DPP PKS. Sebelum hari pemungutan suara itu sudah ada," bebernya.**




Share on Google Plus

0 komentar:

Post a Comment

close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN