Sekda Harapkan Pemetaan Spot Selam Pulo Dua


Ingatkan Nelayan Jangan Pakai Bom Ikan

sumber: Humas Pemprov 

Usai mengantar Menteri Perikanan dan Kelautan Susi Pudjiastusi berkeliling melihat spot Pulo Dua, Jum'at(26/7), Sekretaris Daerah Provinsi Sulteng Dr. H. Moh. Hidayat Lamakarate, M.Si melakukan dialog dengan penyelam dan warga lokal di dekat lokasi festival.

Para penyelam dari luar daerah yang ditemui bercerita ke sekda bahwa pemandangan underwater (bawah laut) Pulo Dua sangat fantastis dan punya kans menggeser kepopuleran Raja Ampat bila benar-benar digarap maksimal.

Menurut Wakil Bupati Banggai Mustar Labolo yang ikut menemani sekda menuturkan bahwa pemda sangat apresiasi dan berterima kasih dengan adanya klub-klub diving yang secar tidak langsung turun membantu viralisasi dan promosi keindahan bawah laut Pulo Dua secara cuma-cuma.

Bahkan Ia yang terjun langsung membina komunitas selam di Banggai terus memfasilitasi berbagai kemudahan yang makin memanjakan pecinta diving dengan sarana tour guide dan penyewaan alat selam serta tabung oksigen.

Serupa sekda berpesan perlunya pemetaan terkait spot mana saja yang eksotis dan valueable (bernilai jual) untuk ditawarkan ke turis.

"Supaya kita tahu di koordinat-koordinat mana saja yang bagus pemandangannya yang banyak terumbu karang, biota laut dan ikan-ikan cantiknya," pungkas sekda.

Sementara ke warga yang banyak berprofesi sebagai nelayan, sekda meneruskan pesan menteri perikanan supaya tidak memakai potasium dan bom dalam menangkap ikan karena hal itu dapat ikut merusak terumbu karang, tempat ekosistem ikan dan biota laut lain berkembang biak. ***

Share on Google Plus

0 komentar:

Posting Komentar

close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN