Warga Lingkar Sawit Gugat PT ANA Ganti Rugi Tanaman



Reportase/morut: Bambang sumantri

ALIANSI Masyarakat lingkar sawit menggugat Kabupaten Morowali Utara Sulawesi  Tengah melakukan aksi unjuk rasa menuntut ganti rugi kepada pihak perusahaan sawit PT Agro Nusa Abadi (ANA). Sebanyak lebih dari 300 orang dari 5 Desa lingkar sawit, Yakni Desa Molino, Desa Tompira, Desa Powara, Desa Bunta, dan Desa Bungintimbe mendatangi kantor DPRD Morowali Utara agar menerima aspirasi mereka dan mendesak PT ANA memenuhi tuntutannya, Kamis (25/07/2019).

Koordinator aksi menegaskan bahwa pihak perusahaan harus melakukan proses ganti rugi kepada petani rumput laut yang mengalami gagal panen. Selain itu, terjadi penurunan hasil panen serta melakukan perbaikan empang-empang yang rusak akibat adanya tanggul dan pengolahan limbah sawit PT ANA.

Massa aksi juga menuntut agar membubarkan tim-tim desa dan koperasi yang dibentuk oleh pemerintah desa dan menolak proses penyelesaian yang telah mereka lakukan karena sangat merugikan masyarakat pemilik lahan. masyarakat juga mendesak pihak kepolisian untuk melakukan penyelidikan atas dugaan tindak pidana terkait keberadaan PT ANA di Kecamatan Petasia Timur dan menghentikan proses penerbitan Hak Guna Usaha (HGU) PT ANA.

Salah seorang warga trans Desa Bunta asal Bali, Wisnu yang juga hadir dalam pertemuan dengan anggota DPRD Morowali menyampaikan keluhannya terkait adanya limbah PT ANA yang masuk ke lahan-lahan persawahan petani tak kunjung surut dan menyebabkan gatal-gatal sehingga membuat para petani mengurangi aktivitasnya di sawah.**








Share on Google Plus

0 komentar:

Posting Komentar

close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN