Delapan Pelaku C3 Diringkus Polsek Palu Selatan

Delapan orang pelaku kasus kejahatan curanmor, curat dan curas (C3) di wilayah hukum Polres Palu diringkus aparat. 
Reporter: Yohanes Clemens
  
Kepolisian Sektor Palu Selatan, Polres Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng), meringkus delapan orang pelaku kasus kejahatan curanmor, curat dan curas (C3) di wilayah hukumnya sepanjang bulan Juli 2019.

Dari kedelapan pelaku yang ditangkap yakni, berinisial Wif (20), AT (19), CDP (20), RO (20) FD (22), DA (22), FS (20), dan RI (17). Dan untuk RI ini kasusnya sudah dilimpahkan ke kejaksaan," ujar Kapolsek Palu Selatan AKP Awaluddin Rahman di Mapolsek Palu Selatan, Rabu.

AKP Awaluddin menjelaskan, dari delapan tersangka tersebut, lima orang merupakan kasus pencurian dan pemberatan (curat) dengan inisial Wif (20), AT (19), dan CDP (20), RO (20) dan FD (22). Sementara untuk kasus curanmor terduga tersangkanya masing-masing DA (22), FS (20), dan RI (17) yang kasusnya sudah dilimpahkan ke pihak kejaksaan.

"Untuk modus yang digunakan oleh para tersangka yakni, merusak atau membongkar pintu dan jendela rumah korbannya. Sedangkan untuk kasus curanmor mereka merusak tempat rumah kunci sepeda motor mengunakan kunci T," terang Kapolsek Palu Selatan itu.

Sedangkan, untuk TKP para pelaku, kata Kapolsek, beraksi di wilayah Kota Palu, khususnya wilayah Palu Selatan. Alasan mereka melakukan kejahatan tersebut adalah faktor ekonomi karena rata-rata pelaku ini tidak ada pekerjaan.

AKP Awaluddin menjelaskan, dari pengungkapan kasus ini polisi mengamankan sejumlah barang bukti di antaranya, beberapa unit sepeda motor, laptop, genset, beberapa HP, tiga unit bor, travo, CA dan beberapa barang lainnya. 

“Keseluruhan pelaku dikenakan Pasal 363 KUHPidana dengan ancaman hukuman paling lama sembilan tahun,” ujarnya.

Kapolres Palu AKBP Mujianto tidak henti-hentinya mengimbau seluruh masyarakat Kota Palu apabila mendengar maupun melihat pelaku tindak pidana yang terjadi disekitar wilayah tempat tinggal segera menghubungi atau melaporkan ke kantor kepolisian terdekat. Menginggat tindakan para pelaku kriminal selalu meresahkan warga Kota Palu. ***

Share on Google Plus

0 komentar:

Posting Komentar

close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN