KKKS Bahas Wacana Mata Pelajaran Bahasa Bungku


Reportase/morowali: Bambang sumantri

KELOMPOK Kerja Kepala Sekolah (KKKS) Sekolah Dasar/MI menggelar rapat di SDN Matansala Kecamatan Bungku Tengah belum lama ini. Rapat yang dipimpin oleh Kepala UPTD Dinas Pendidikan Kecamatan Bungku Tengah, Isman Hidayat itu membahas tentang akan dimasukannya mata pelajaran Muatan Lokal Bahasa Daerah dan Budaya Bungku.

Dijelaskannya, bahwa pentingnya Bahasa Daerah dan Budaya Bungku dimasukkan dalam mata pelajaran sekolah dengan pertimbangan para murid saat ini nyaris telah melupakan adat istiadat dan kebudayaan Bungku.

Dalam pertemuan itu juga dibahas silabus atau acuan dalam membuat rencana pembelajaran yang berisi antara lain kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran sehingga nantinya menjadi dasar seluruh SD/MI dalam pelaksanaannya pada proses belajar mengajar.

Seluruh Kepala Sekolah yang hadir sangat merespon dan menerima usulan mata pelajaran Bahasa Daerah Bungku serta Budaya Bungku, namun masih akan melakukan pengembangan di sekolah masing-masing terkait silabus yang telah disusun yang kemudian akan dilakukan revisi berdasarkan dari evaluasi penerapannya.

Sekretaris KKKS Kecamatan Bungku Tengah, Rusli Baco mengatakan bahwa para murid telah disampaikan mengenai rencana penerapan mata pelajaran tersebut dan menyambut baik, karena bahasa Bungku sudah sangat dirindukan kembali dipelajari di sekolah. "Alhamdulillah murid-murid sangat senang dengan wacana mata pelajaran itu dan kalau tidak salah, saat ini ada tim yang telah menyusun kamus Bahasa Bungku-Bahasa Indonesia - Bahasa Inggris," tandasnya.**


Share on Google Plus

0 komentar:

Posting Komentar

close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN