Meriahkan HUT RI ke-74 Pemprov Libatkan Seluruh Forkompimda dan Masyarakat




Sumber: Humas Pemprov 

Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2019, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tengah (Sulteng) menggelar sejumlah kegiatan yang melibatkan seluruh instansi di lingkup pemprov, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), dan masyarakat di Kota Palu dan sekitarnya. Hal ini dikemukakan Kepala Biro Humas dan Protokol Pemprov, Mohammad Haris Kariming di ruang kerjanya, Jumat (16/8/2019).

Karo humas protokol selaku juru bicara pemprov sulteng menuturkan, dari beberapa kali rapat dilaksanakan, rangkaian kegiatan yang telah disepakati, seperti olah raga dan anjangsana  kegiatan sosial lainnya. Susunan kepanitiaan dalam kegiatan memeriahkan HUT RI tahun ini, Ketua Umum Sekertaris Daerah Provinsi (Sekdaprov), Mohammad Hidayat Lamakarate, Ketua Panitia, Asisten II, Bunga Elim Somba, serta sejumlah pejabat utama lingkup pemprov.

"Dari beberapa rapat yang kita lakukan, sebagai mana arahan Bapak Gubernur selaku pembina dan Sekdaprov selaku ketua umum, kita kepanitiaan ini meramu beberapa kegiatan," tutur Haris.

Yang mana meriahnya kegiatan ini katanya, tidak hanya dimaksudkan kepada pemprov, tetapi juga diperuntukan kepada masyarakat untuk ikut serta dalam kegembiraan menyambut hari kemerdekaan RI.

Di mana beberapa kegiatan itu mengudang serta melibatkan masyarakat melalui kegiatan sepeda santai, Jumat 9 Agustus lalu.

"Bersama-sama kita laksanakan dengan komunitas sepeda Palu dan sekitarnya, instansi Forkopimda, Polda, Lanal, Kejati, serta seluruh pejabat dan stafnya," katanya.

Kegiatan sepeda santai itu lanjut Haris, diberikan sejumlah kurang lebih 60-an doorprize, di antaranya sepeda dan hadiah menarik lainnya. Menurutnya kegiatan itu cukup meriah. Setelah melaksanakan kegiatan sepeda santai, kegiatan selanjutnya senam jantung sehat di lapangan Pogombo kantor Gubernur.

"Diikuti sekitar enam ratus sampai tujuh ratus oranglah, cukup meriah," ujar Haris.

Kemudian dari bidang olah raga lainnya kata dia, panitia melaksanakan kegiatan yang disebut olah raga rakyat, yaitu lomba makan kerupuk para eksekutif kepala Organisasi Pimpinan Daerah (OPD) pada 15 Agustus.

"Semua eselon II, bersama Bank Sulteng, pejabat utama mereka, di lingkup pemprov itu mengadakan lomba makan kerupuk. Dilanjutkan dengan lomba lari karung eksekutif," katanya.

Haris mengemukakan, lomba lari karung itu pesertanya kepala-kepala OPD, kemudian kegiatan tarik tambang yang diisi dengan eksibisi tarik tambang antar kepala OPD. Kegiatan tersebut sangat meriah dan menghibur.

"Utk tarik tambang antar OPD  juara satu oleh Dispora Sulteng, kedua Diskasda. Ada juga tarik tambang eksibisi kepala OPD, cuma meramaikan. Cukup meriah kemarin," jelas Haris.

Menurutnya, seluruh pegawai yang ada di masing-masing OPD hadir dan menyaksikan kegiatan tersebut dengam penuh antusias sambil tertawa, lantaran kegiatan ini dinilai sangat menghibur. Tujuan dari kegiatan ini untuk membangun silaturahmi antar OPD serta seluruh staf dan pegawai di masing-masing OPD. 

Ada pula lomba kreasi, yakni Peraturan Baris Berbaris (PBB) tingkat SD sederajat, SMP sederajat, dan tingkat SMA/SMK sederajat se Kota Palu. Meskipun Haris tidak menyebutkan secara rinci, tetapi ia mengklaim jumlah peserta cukup banyak. Ditambah lagi dengan kegiatan kemah kerja Pramuka yang dilaksanakan di lapangan Pogombo dalam rangkaian HUT Pramuka sekaligus bagian dari rangkaian kegiatan menyambut HUT RI.

"Diawali pagi hari, tabur bunga di Pantai Talise, kerja bakti, itu di tanggal 14, kemah kerja di belakang, ada upacara Hari Ulang Tahun Pramuka," tutur Haris.

Ia menegaskan sejumlah kegiatan itu menjadi agenda rutin tahunan jelang peringatan hari kemerdekaan RI. Pada Kamis 15 Agustus dikukuhkan pula Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) oleh Sekdaprov, Hidayat Lamakarate, mewakili Gubernur Sulteng, Longki Djanggola. Selanjutnya pada pukul 24:00 Wita Sekdaprov Hidayat bersama pejabat utama melakukan renungan suci tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP). Kemudian pada hari puncak peringatan HUT ke-74 RI dilangsungkan upacara pengibaran bendera. Setelah itu, masih ada sejumlah kegiatan lainnya. 

Menurut Haris, seluruh kegiatan itu bertujuan untuk membangkitkan dan memulihkan kembali psikologis masyarakat yang dilanda bencana hampit setahun silam. Sebab sejumlah kegiatan anjangsana panitia, yaitu melakukan kunjungan dan membagikan bantuan kepada masyarakat korban bencana yang masih tinggal di shelter maupun Hunian Sementara (Huntara). 

Selain itu pula untuk membangkitkan kembali perekonomian daerah pascabencana. Pemprov tambah Haris, mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Sulteng, khususnya masyarakat Kota Palu dan sekitarnya yang ikut berpartisipasi dalam memeriahkan rangkaian kegiatan menyambut HUT RI yang dilaksanakan Pemprov Sulteng.

"Atas nama pemerintah provinsi, kami berterima kasih atas partisipasi seluruh elemen masyarakat serta rekan-rekan media yang turut mempublikasikan secara luas kegiatan ini," ujar Haris.

Harapannya, di usia ke 74 kemerdekaan RI ini Sulteng akan lebih baik, terus maju, dan bangkit pascabencana sehingga masyarakat dapat lebih sejahtera. ***
Share on Google Plus

0 komentar:

Posting Komentar

close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN