Pramuka Pionir Tanamkan Nilai-nilai Keluhuran

Upacara HUT Pramuka ke-58 di halaman Pogombo kantor Gubernur Sulteng, Rabu (14/8/2019)/ Foto: Humpro Sulteng

Sumber: Humpro Sulteng

Sekprov Sulawesi Tengah Dr.H.Moh Hidayat Lamakarate.M.Si yang juga selaku Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Sulawesi Tengah menjadi inspektur upacara pada peringatan HUT pramuka ke 58 di Lapangan Pogombo  Kantor Gubernur Sulteng, Rabu (14/8/2019) Pukul 16.30. Wita.

Dalam kesempatan ini Ketua Kwartir Darah Gerakan Pramuka Sulawesi Tengah Moh.Hidayat Lamakarate dalam sambutannya mengatakan, sesungguhnya gerakan kepanduan di Indonesia usianya jauh lebih tua dari gerakan pramuka namun peringatan hari pramuka adalah wujud dari rasa syukur kita Kepada Allah SWT Tuhan yang maha kuasa atas rahmatnya diberikan kepada kita sebagai anggota gerakan Pramuka.

Tema Pramuka Tahun ini mengusung tema "Bersama Segenap Komponem Bangsa Gerakan Pramuka Siap Sedia membangun Keutuhan NKRI", tema ini hadir ditegah banyaknya masalah kekinian yang mengancam keutuhan dan keberlangsungan Negara dan  Bangsa, di hari Pramuka ini Hidayat mengajak Seluruh Kakak dan Adik-adik Pramuka untuk memperhatikan banyaknya persoalan yang menimpa di masyarakat antara lain ;  banyaknya terpapar radikalisme serta maraknya penyalah gunaan narkoba, hal ini menjadi tantangan terbesar bagi bangsa Indonesia saat ini. Kata Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Sulteng.

Pada kesempatan ini juga ia mengajak segenap pengurus kwartir, para pelatih dan pembina serta seluruh anggota Pramuka, harus menjadi pionir dalam menanamkan nilai-nilai keluhuran yang selama ini telah dijunjung tinggi.

Selain itu salah satu alasan diadakannya kerjasama kwartir Nasional dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang ditandatangani 27 Juli 2019 diantaranya adalah untuk merumuskan salah satu Kecakapan Khusus bagi anggota Pramuka siaga, penggalang, penega, pandega yang memiliki pengetahuan sikap keterampilan anti Korupsi, hal inierupakan perkembangan penting yang harus terus di ikuti, sedangkan terkait wujud dan bentuk keikutsertaan gerakan pramuka dalam memerangi radikalisme dan terorisme saat ini Kwartir Daerah secara terus menerus menjalin komunikasi dan menjejaki kerjasama dengan beragai instansi terkait.

Ketua Kwarda juga menyambut baik dan mengapresiasi atas inisiasi beberapa Kwartir cabang membentuk satuan karya Pramuka anti narkoba, satuan pramuka pengawasan obat dan makanan, atau menjadikan kemampuan mendeteksi dini dan menanggulangi bahaya narkoba.

Hut Pramuka Tahun ini, Kwartir Daerah Sulawesi Tengah akan meminta kepada Gubernur Sulawesi Tengah selaku ketua majelis pembimbing Daerah untuk mendukung Pramuka pra siaga bagi anak anak yang belum berusia 7 tahun, karena kegiatan pramuka merupakan bagian dari sistim pendidikan nasional sehingga penyelarasan dengan jenjang pendidikan formal dan pendidikan non formal lainnya menjadi sangat penting, Pendidikan Anak Usia Dini yang kini menjadi bagian wajib belajar belum sepenuhnya terakomodir dalam penjenjangan gerakan pramuka. Dan pramuka pra siaga memang telah diperkenalkan dalam Padal 17 anggaran dasar dan pasal 38 anggaran rumah tangga gerakan Pramuka namun belum terakomodir dalam UU No 12 Tahun 2010. Tutupnya.

Hadir pada peringatan HUT pramuka ini, Pimpinan Kwarir Cabang, Kwartir Ranting dan Gugus Depan serta Pejabat yang mewakili dari TNI Polri serata di iluti oleh anggota Pramuka dari masing-masing Kwartir Cabang.

Diakhir Prosesi Upacara HUT Pramuka Ke 58 ini di lakukan penandatanganan kesepakakatan bersama Antara Balai Pengawasan Obat dan Makanan Palu dangan Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Sulawesi Tengah tentang pemberdayaan Gerakan Pramuka dalam peningkatan keamanan Pangan Di Provinsi Sulawesi Tengah yang ditandatangani Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Sulawesi Tengah Kakak Hidayat Lamakarate dan Kepala BPOM Palu. Dan dilanjutkan dengan Penyematan simbolis tanda Penghargaan orang Dewasa.**

Share on Google Plus

0 komentar:

Posting Komentar

close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN