Terinspirasi Surabaya, Syamsurizal Wajibkan Randis Bawa Sapu dan Kantong Sampah



Sumber: Humas parmout

BERIKHTIAR Merebut Piala Adipura 2019, sejumlah kiat dan strategi dilakukan Bupati Parigi Moutong, Samsurizal Tombolotutu. Salah-satunya, mewajibkan setiap kendaraan dinas (Randis) di seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) membawa sapu dan kantong sampah. Tujuannya, agar setiap ASN atau pejabat yang membawa Randis untuk siap kapan saja, dimana saja dapat membersihkan lingkungan dalam Kota Parigi.

‘’Mulai hari ini, saya mewajibkan kepada seluruh pejabat, agar selalu membawa sapu dan kantong sampah pada kendaraan dinasnya. Jika instruksi ini tidak diindahkan, maka kendaraan dinas pejabat bersangkutan, akan ditarik untuk sementara,” tegas Samsurizal, saat memberikan briefing kepada sejumlah kepala OPD, usai mengikuti acara pemaparan Tim Pendamping Adipura Kementerian Lingkungan Hidup, di Rana Cafe, pecan lalu (1/8/2019).

Dia berharap, dengan kewajiban tersebut, maka pejabat yang menggunakan kendaraan dinas, akan turun untuk mengambil setiap sampah yang ada berserakan pada setiap jalan yang dilalui.

” Saya sudah mengidentifikasi setiap jalan pulang ke rumah yang akan dilalui para pejabat. Misalnya, jika di jalan dekat Taman Toraranga banyaj berserakan, maka kendaraan dinas milik kadis kelautan dan jadis perhubungan akan saya tarik, karena mereka tinggal tepat di jalan itu,” ungkap Samsurizal.

Menurutnya, sistem seperti ini, telah berhasil diterapkan oleh Pemerintah Kota Surabaya, sehingga kota tersebut berhasil.meraih Piala Adipura.

"Saya kira, tak ada salahnya kita mengikuti apa yang sudah dilakukan oleh Ibu Walikota Surabaya Risma, agar kabupaten kita juga bisa meraih Adipura,” tandasnya.**

Share on Google Plus

0 komentar:

Posting Komentar

close
 LAYANAN PEMASANGAN IKLAN